Sukses

Tak Cuma Atasi Kanker Serviks, Vaksin Ini Juga Cegah Kanker Penis

Jenis vaksin HPV yang beragam mampu mencegah beragam kanker yang ada.

Liputan6.com, Jakarta Hampir 19.000 jenis kanker di Amerika Serikat termasuk kanker anal, infeksi jamur pada mulut atau tenggotokan, hingga kanker penis dapat dicegah dengan melakukan vaksin HPV.

Vaksin HPV dengan jenis 16, 18, 31, 33, 45, 52 dan 58 memiliki potensi untuk mencegah ketujuh penyebab kanker HPV dibandingkan dengan vaksin gardasil dan cervarix.

Temuan ini berasal dari tujuh studi yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute, yaitu pusat pengendaluan dan pencegahan penyakit yang memprakarsai upaya dari penelitian tersebut.

"Ini adalah studi komprehensif pertama yang menunjukkan potensi untuk mengurangi beban kanker secara global, dan membimbing para klinis untuk memberikan dan mengambil keputusan vaksinasi terhadap pasien dengan baik dan benar", ujar Marc T Goodman, PhD, MPH, penulis senior studi ini sekaligus direktur pencegahan dan Genetika Kanker di Cedars Sinai.

Pada penelitian ini ditermukan 9 vaksin yang berpotensi meningkatkan perlindungan terhadap kanker HPV termasuk kanker vulva sebesar 71-92 persen; kanker vagina dari 73 menjadi 98 persen; kanker penis dari 76 meningkat hingga 90 persen; serta kanker anus 87 menjadi 96 persen, dilansir dari Science Daily, Sabtu (2/1/2016).

Para peneliti berniat untuk melakukan penelitian tambahan di masa depan, untuk menindaklanjuti perkiraan mereka seberapa baik vaksin dalam melindungi tubuh dari kanker HPV.*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini