Sukses

Sekolah Tanpa Dinding Tingkatkan Kualitas Perkembangan Anak

Sekolah pada umumnya memberikan fasilitas yang baik untuk anak, namun sekolah alam pun memberikan kualitas untuk perkembangan sang anak.

Liputan6.com, Jakarta Pada 2012 silam Kit Harrington seorang guru PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) atau yang dikenal dengan Preschool, berserta Sarah Heller seorang naturalis dan science educator mendirikan sebuah sarana pendidikan di Seattle dengan melakukan seluruh kegiatan di lapangan, bahkan dalam cuaca buruk. Dilansir dari laman New York Times, ditulis Jumat (1/1/2016).

Fiddleheads Forest School memulai jam belajar pukul 9 pagi. Para murid diajarkan berbagai macam hal dengan ragam cara yang menarik, bukan sekadar duduk di bangku sekolah seperti kebanyakan sekolah lainnya. Murid-murid di sekolah Fiddleheads ini diajarkan untuk mengenal binatang di alam bebas seperti memegang cacing tanah di hutan tersebut.

Para murid dibiasakan untuk mendengarkan suara langkah kaki sambil menutup mata, atau sekadar mendengar suara angin dan hujan. Meskipun di alam terbuka para pengajar tetap mengawasi para muridnya. Hanya ada 20 murid yang bersekolah di sini. Hal tersebut memang dilakukan agar terjalin hubungan yang intim antara para murid dan guru di sekolah tanpa dinding ini.

Sekolah semacam ini sangat membantu proses tumbuh kembang anak, karena di Amerika khususnya anak berusia 2 sampai 5 tahun mengalami beberapa gangguan seperti obesitas dan kurangnya kontak dengan alam.

Hubungan antara obesitas dan sekolah alam ini ialah, anak yang mendapatkan pendidikan yang tak didapat dari sekolah pada umumnya. Sekolah alam ini menuntun anak untuk beraktivitas menggunakan indranya, membiasakan hidup dengan alam hingga mereka terbiasa bergerak dan terhindar dari obesitas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini