Pernikahan Bahagia Mampu Buat Tulang Kuat

Oleh Benedikta Desideria pada 17 Des 2015, 08:30 WIB
Diperbarui 17 Des 2015, 08:30 WIB
Kanye West dan Kim Kardashian Rayakan Ultah Pernikahan di Ranjang
Perbesar
Desika Pemita [Vogue]

Liputan6.com, New York- Kehadiran seseorang yang istimewa dalam kehidupan kita mampu membuat banyak perubahan. Apalagi ketika sudah terikat dalam pernikahan, ada banyak sekali hal yang berubah, termasuk dalam kesehatan. 

Berbagai studi telah temukan dampak tak terduga yang terjadi setelah pernikahan seperti yang dikutip laman Women's Health, Kamis (17/11/2015).

1. Jantung lebih sehat

Percaya atau tidak riset yang dilakukan pada masyarakat Amerika Serikat menemukan pernikahan yang bahagia mampu pengaruhi jantung. Orang yang sudah menikah risiko terkena penyakit kardiovaskular lebih rendah dibandingkan mereka yang lajang ataupun bercerai.

Sayangnya, jika terjebak dalam pernikahan yang kurang bahagia misalnya tidak mendapat dukungan dari pasangan, malah cenderung mungkin memiliki coronary artery calcification.

2. Jaga tulang sehat

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Osteoporosis International menyatakan bahwa pernikahan yang bahagia bisa membuat tulang kuat. Para peneliti menduga hal ini karena pernikahan yang bahagia serta dukungan penuh dari pasangan membuat stres jadi berkurang. Stres sendiri mampu memengaruhi kesehatan tulang.

3. Percaya diri dengan tubuhnya

Sebuah studi yang dilakukan pada 2013 menemukan wanita yang bahagia dengan kehidupan pernikahannya ternyata juga memandang positif atas tubuhnya. Meski tubuhnya tak selangsing para model namun kondisi pernikahan yang bahagia membuat mereka tetap percaya diri dengan dirinya.

4. Berat badan pria bertambah

Sering melihat pria yang sudah menikah jadi menggemuk? Ternyata hal itu benar adanya menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam Jurnal Families, Systems, & Health. "Para pria merasa nyaman dengan hubungan yang dimiliki dan sedikit tidak memedulikan tentang tubuhnya," seperti diungkap peneliti.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya