Sukses

Pencegahan Kanker Usus Besar dengan CERDIK

Setiap gejala dan faktor risiko pada suatu penyakit, memiliki beragam cara penyembuhan. Namun melakukan pencegahan lebih baik daripada mengo

Liputan6.com, Jakarta Gaya hidup yang tidak teratur dan pola makan tidak sehat mengakibatkan beberapa gejala yang nampak pada tubuh seseorang. Segala jenis penyakit memiliki risiko yang beragam bahkan mematikan. Sebaiknya lakukan pencegahan sejak dini daripada mengobati dikemudian hari.

Gejala-gejala pada kanker usus besar terkadang tidak dapat dilihat dengan kasat mata, karena polip dan tumor yang dapat menyebabkan kanker berada pada bagian dalam tubuh. Rangkaian kegiatan upaya edukasi menegani kanker usus besar terus dilakukan oleh Kemenkes, agar masyarakat lebih sadar akan bahaya kanker.

Selain memberikan tentang deteksi dini, pengenalan gejala dan ragam faktor risiko hingga pemeriksaan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menggelar informasi tentang langkah pencegahan kanker usus besar dengan melakukan CERDIK, yaitu;

- Cek kesehatan secara rutin

- Enyahkan asap rokok

- Rajin aktivitas fisik

- Diet seimbang

- Istirahat cukup

- Kelola stress

Dengan melakukan keenam langkah pencegahan tersebut, kemungkinan besar seseorang akan terjauh dari gejala-gejala kanker usus besar. Hidup sehat sangat mudah untuk dilakukan, semua bergantung pada bagaimana seseorang dapat mengelola pola juga gaya hidup yang berimbang demi kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini