Sukses

3 Bahan Alami Ini Bermanfaat Melembapkan dan Menghaluskan Kulit

Untuk mengatasi kulit kering, para ahli merekomendasikan produk yang mengandung 3 bahan alami ini.

Liputan6.com, Jakarta Curah hujan yang tinggi di penghujung tahun cenderung membuat kulit terasa lebih kering dari biasanya. Untuk mengatasinya, para ahli merekomendasikan produk perawatan kulit yang mengandung bahan alami seperti cokelat, pisang, dan mulberry. Bahan-bahan tersebut dipercaya bisa melembapkan kulit dari dalam.

Ekstrak cokelat yang didapat dari biji kakao adalah pelembap yang menutrisi dan memperbaiki kulit. Bahan ini juga merupakan anti-oksidan hebat.

Ahli kulit dari produk Vaseline, Aparna Santhanam mengatakan, "Cocoa butter mengandung asam lemak yang meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit. Efektif sebagai pelembap harian untuk semua jenis kulit, juga meredakan masalah kulit seperti eksim. Cocoa butter pun efektif untuk mengatasi kulit kering di area tertentu seperti siku tangan, lutus, dan pergelangan kaki."

Santhanam lebih lanjut menjelaskan, "Sebagai pelembap semua jenis kulit, cocoa butter cocok untuk semua tipe kulit namun akan lebih efektif bagi kulit normal, kering, dan sangat kering. Cocoa butter sebagai pelembap harian memnatuk memperbaiki tekstur kulit dan membuatnya lebih halus. Kaya kandungan anti-oksidan, omega 3 dan omega 6. Semuanya baik untuk anti-aging, stretch mark dan anti-scar."

Disha Meher, ahli kuku dan kulit dari Lakme Salon mengatakan, "Disarankan agar wanita memilih produk perawatan kulit berbahan buah-buahan, terutama pisang, apel, dan jeruk yang kaya vitamin, potasium, dan iron. Bahkan, pisang merupakan pelembap alami yang bisa menutrisi dan merevitalisasi kulit."

Sedangkan Sangeeta Velaskar, vice president dan kepala penelitian dan pengembangan medis di Kaya Limited percaya akan manfaat mulberry, dilansir dari laman Medindia, Rabu (16/12/2015).

"Ekstrak mulberry kaya nutrisi dan sumber protein yang baik. Mulberry tinggi kandungan besi, kalsium, vitamin A, C, E, dan K, folat, thiamin, pyridocine, niacin, dan juga serat. Anti-oksidan yang ditemukan dalam mulberry juga mengatasi radikal bebas. Ekstrak mulberry cocok untuk kulit kering, mencegahnya dari dehidrasi dengan membantu menjaga kelembapannya," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini