Sukses

Tanda Paling Klasik dari Penyakit Jantung Koroner

Tidak semua nyeri di bagian dada berhubungan dengan penyakit jantung.

Liputan6.com, Jakarta Tidak semua nyeri di bagian dada berhubungan dengan penyakit jantung. Apalagi bila nyeri terjadi saat sedang berolahraga. Bisa jadi karena kondisi nyeri otot biasa, masalah tulang, atau paru.

Menurut ahli bedah toraks dan kardiovaskular dari OMNI Hospital Alam Sutera dr Alfa Ferry, SpBTKV, nyeri yang timbul akibat penyakit jantung punya ciri khas sendiri yang dapat kita kenali dan waspadai.

"Di bagian sebelah kiri dada muncul rasa sakit ketika melakukan aktivitas. Munculnya cuma sebentar, dan hilang sendiri tak lama kemudian," kata dia di Alam Sutera, Tangerang, ditulis Senin (14/12/2015).

Jika kita merasakan seperti tertusuk-tusuk ketika sedang beraktivitas, berhenti sebentar. Lima sampai 30 detik rasa sakit itu akan hilang. Kalau melakukan aktivitas yang sama nyeri itu muncul lagi, Alfa Ferry menyebut itu tanda paling klasik dari penyakit jantung koroner.

"Kita mengenalnya sebagai hukum supply dan demand. Ketika jantung berupaya kuat tapi supply darah kurang, dia akan berteriak dalam bentuk sakit dada," kata Alfa Ferry. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Serangan jantung sering kali disebut juga dengan istilah miokardial infark. Serangan jantung terjadi ketika jantung kehilangan oksigen

    Serangan Jantung

  • Penyakit jantung koroner adalah kondisi ketika pembuluh darah utama yang memberi suplai ke seluruh tubuh terganggu.

    Jantung Koroner

  • Penyakit jantung merupakan istilah umum dari semua penyakit yang menyerang jantung. Jantung koroner, bawaan, aritmia, gagal, infeksi jantung

    Penyakit Jantung

Video Terkini