Sukses

India Bakal Punya Nasi Putih yang Aman Untuk Diabetesi

Siapa sangka, ada jenis nasi putih yang diklaim memiliki indeks glikemik rendah dan aman dikonsumsi oleh diabetesi.

Liputan6.com, Jakarta Siapa sangka, ada jenis nasi putih yang diklaim memiliki indeks glikemik rendah dan aman dikonsumsi oleh diabetesi. Beras ini rencananya akan mulai dijual bulan depan di India.

Seperti diberitakan Times of India, Minggu (13/12/2015), bagi beberapa negara Asia, nasi putih merupakan makanan pokok yang wajib ada dalam setiap menu. Namun berbagai penelitian pun menunjukkan, nasi putih ini memiliki indeks glikemik (GI) tinggi sehingga berisiko meningkatkan gula darah dan berbahaya bila dikonsumsi diabetesi.

Tapi Ilmuwan di Chhattisgarh justru menemukan hal menarik. Mereka berhasil menemukan beras putih yang aman dikonsumsi. Tim peneliti dari Indira Gandhi Agriculture University (IGAU) Raipur yang dipimpin oleh Profesor Dr Girish Chandel dari Departemen Tanaman Molekuler dan Bioteknologi berharap, beras ini akan segera dipasarkan ke publik.

"Sejak beberapa tahun terakhir kami mengembangkan atau mengidentifikasi berbagai nasi dengan GI rendah yang bisa bermanfaat bagi pasien diabetes. Menariknya, kami menemukan jenis Chapati Gurmatiya yang ditanam di India memiliki Gi rendah," katanya.

Selama penelitian, data dikumpulkan dengan menguji coba tikus di Chhattisgarh. Hasilnya menunjukkan, efek dari beras GI rendah ini tikus menjadi lebih terkontrol kadar gula darahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.