Sukses

4 Cara Jaga Gula Darah Tak Melonjak

Tak sulit untuk menjaga gula darah dalam batas normal.

Liputan6.com, New York- Menjaga gaya hidup dan asupan pola makan mencegah gula darah melonjak naik. Sehingga risiko terjadinya diabetes menurun. 

Tak sulit untuk menjaga gula darah dalam batas normal. Beberapa diantaranya ada di bawah ini seperti dikutip dari laman Men's Health, Jumat (4/12/2015).

1. Rutin berolahraga

Tak perlu lama-lama berolahraga, cukup dengan 20-30 menit setiap kali, sebanyak 5-6 kali dalam seminggu sudah cukup untuk membuat insulin dalam tubuh tak alami masalah. Agar tetap rutin berolahraga, pilihlah olahraga yang disuka.

2. Kayu manis dalam berbagai makanan

Studi menunjukkan konsumsi makanan yang mengandung kayu manis dapat meningkatkan sensitivitas insulin. "Tak perlu suplemen mahal untuk menjaga sensitivitas insulin, kayu manis pun bisa," terang penulis The Most Effective Natural Cures on Earth, Johny Bawden.

3. Pilih camilan kuaci

Konsumsi kuaci dalam jumlah kecil tak akan memengaruhi gula darah. Kuaci merupakan makanan kaya magnesium dan mineral yang melawan resistensi insulin, menurut studi dari Tufts University, Amerika Serikat.

4. Makan sering porsi sedikit

Daripada makan sekali dalam jumlah banyak, lebih sedikit namun frekuensi sering seperti dalam 2-3 jam sekali. Menurut dokter Keith W. Berkowitz, M.D, hal ini mampu mencegah gula darah turun, sehingga dapat memicu pergolakan gula darah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.