Sukses

Alasan Diabetesi Laki-laki Lebih Banyak yang Meninggal Dunia

Hasil riset di London menyebut, diabetesi laki-laki lebih banyak yang meninggal dunia ketimbang perempuan. Inilah alasannya

Liputan6.com, London Ketika perempuan didiagnosis dengan diabetes dan diminta jalani pola diet sehat serta minum obat secara rutin, tiga puluh persen lebih kecil kemungkinan untuk meninggal dunia akibat kondisi ini.

Tapi saat saran yang sama diberikan kepada pasien laki-laki, sulit bagi mereka untuk menerima kenyataan tersebut yang pada akhirnya membuat mereka lebih rentan untuk meninggal dunia akibat diabetes.

"Berbeda dari laki-laki, perempuan yang menerima dan menerapkan manajemen penyakitnya dengan lebih mudah, sangat memengaruhi hasil jangka panjang," kata Dr Marlene Krag dari University of Copenghagen, Denmark, dikutip dari situs Daily Mail, Jumat (27/11/2015)

Dokter didorong untuk menekankan pentingnya diet dan aktivitas fisik yang sehat, menunda penggunaan obat diabetes sampai mereka melihat pengaruh dari setiap diet dan olahraga yang dijalankan. Pasien diberi target setiap bulannya. Di sisi lain, maskulinitas menyebabkan diabetes sulit tertangani. Sebab, sulit sekali membuat pasien laki-laki mau mengubah gaya hidup sehari-hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hasil Penelitian

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Diabetologia menunjukkan, perempuan yang diberikan rencana perawatan sesuai yang dianjurkan itu, 26 persen lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal dunia akibat penyakit apa pun. Tiga puluh persen lebih kecil kemungkinan meninggal dunia akibat diabetes, 41 persen lebih kecil kemungkinan terkena stroke, dan 35 persen kecil kemungkinan untuk diamputasi jika positif diabetes.

"Kami mengusulkan, hasil baik yang diterima pasien wanita ini dapat diluruskan dengan isu-isu sosial, budaya, dan gender," kata Dr Marlene Krag.

Para peneliti ingin kedua jenis kelami merasakan manfaat dari upaya pengobatan diabetes ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini