Sukses

Hindari 3 Minuman Ini agar Flu Tak Makin Parah

Memasuki musim penghujan, beberapa di antara kita jadi mudah sakit.

Liputan6.com, Jakarta Memasuki musim penghujan, beberapa di antara kita jadi mudah sakit. Salah satunya karena virus flu. Bersin dan pilek memang mengganggu, ya.

Meningkatkan asupan gizi makanan dan memperbanyak istirahat merupakan hal penting agar kesehatan cepat pulih. Selain itu hindari beberapa minuman yang bisa membuat kondisi flu Anda makin buruk seperti dikutip laman eatclean, Jumat (20/11/2015).

1. Soda dan minuman tinggi gula lainnya

Minuman tinggi gula dapat menyebabkan peradangan yang membuat sel darah putih lemah melawan infeksi yang terjadi pada tubuh seperti dituturkan ahli gizi sekaligus juru bicara Academy of Nutrition and Dietics, Alissa Rumsey.

Tak cuma minuman ya, pada prinsipnya segala hal yang tinggi gula sebaiknya dikurangi. Seperti permen dan kue. Lebih baik pilih konsumsi buah dan air hangat.

2. Produk susu dan olahannya

Susu, yoghurt dan produk dairy (olahan susu) pada beberapa orang bisa membuat lendir yang ada di tenggorokan jadi lebih tebal. Ini tidak terjadi pada semua orang. Tak perlu menghindari susu dan produk olahan lainnya jika tubuh mampu toleransi pada produk dairy karena kaya protein dan Vitamin D yang bantu lawan infeksi.

3. Alkohol

Konsumsi alkohol saat sedang flu malah bisa membuat sel-sel darah putih jadi lemah. Hal ini membuat tubuh sulit menyembuhkan dari flu seperti dituturkan Rumsey.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.