Urutan Kelahiran Tak Pengaruhi Kepribadian Anak

Oleh Liputan6 pada 18 Nov 2015, 09:00 WIB
Diperbarui 18 Nov 2015, 09:00 WIB
Urutan Lahir Anak, Pengaruhi Kepribadian?
Perbesar
Penelitian terbaru mengungkapkan, urutan lahir anak tak pengaruhi kepribadian, namun, ada kemungkinan si sulung selalu lebih pintar.

Liputan6.com, Jakarta Sudah banyak penelitian yang mengatakan urutan kelahiran memengaruhi kepribadian. Tapi, penelitian terbaru mengatakan itu semua tidak benar. Urutan kelahiran mungkin membuat si sulung lebih pintar.

Selama ini penelitian menyebutkan, sulung dianggap ambisius, anak bungsu lebih memberontak, dan anak tengah benci dengan semua perhatian yang didapatkan saudaranya. Tapi, itu semua terbantahkan pada penelitian terbaru.

Rekan penulis penelitian yang juga profesor di University of Leipzig, Stefan Schmukle, menyebutkan urutan lahir mungkin menunjukkan anak sulung lebih pintar dan memiliki IQ tinggi karena banyaknya perhatian orangtua yang didapatkannya.

"Yang pertama lahir mendapat lebih banyak rangsangan intelektual dan yang selanjutnya kurang," kata Schmukle dikutip dari Today, Rabu (18/11/2015).

Menurut Schmukle, dampak urutan kelahiran pada kepribadian mungkin terjadi sewaktu masih anak-anak. Tapi, itu semua akan memudar dengan bertambahnya usia.

Schmukle dan rekan-rekannya meneliti data dari tiga survei besar, satu dari Inggris, satu dari Amerika Serikat, dan satu dari Jerman. Semua data dari lebih dari 20.000 orang dewasa dimasukkan dalam analisis mereka.

Hasilnya, urutan kelahiran hampir tidak berdampak pada apa yang dikenal sebagai "lima besar" ciri-ciri kepribadian yakni ekstrovert, kestabilan emosi, kesadaran, keramahan, dan keterbukaan terhadap pengalaman. (Melly F)