Ingat, Ini 7 Kebiasaan Orang Produktif

Oleh Benedikta Desideria pada 18 Nov 2015, 07:00 WIB
Diperbarui 18 Nov 2015, 07:00 WIB
3 Cara Membangun Usaha Sampingan Tanpa Berhenti Kerja Kantoran
Perbesar
Jangan langsung berhenti bekerja, kamu juga bisa membangun usaha sampingan untuk menambah pendapatan.

Liputan6.com, New York- Hari sudah berjalan setengah namun satu pekerjaan pun belum juga selesai. Sementara ada juga orang yang bisa mengerjakan sesuatu lebih produktif dengan waktu yang dimiliki.

Ya, orang-orang dengan tingkat produktivitas tinggi tak memiliki kekuatan super untuk bisa menyelesaikan itu semua. Namun orang-orang ini memiliki kebiasaan positif yang menjadikan mereka efisien dalam mengerjakan tugasnya.

Berikut tujuh kebiasaan yang dilakukan orang produktif seperti dilansir laman Prevention, Selasa (17/11/2015).

1. Meja bersih dan rapi

Orang yang bekerja di meja yang rapi dan teroganisir membantu mereka mengerjakan tugasnya lebih baik, seperti diungkapkan peneliti produktivitas, Jason Jennings. Selain itu, keadaan meja yang rapi tak membuat waktu Anda terbuang untuk mencari sesuatu.

2. Buat daftar 'to do list'

Sebagian besar orang sudah tahu apa yang harus dilakukan di hari itu, namun orang-orang produktif membuat daftar pekerjaan yang harus dilakukan secara detil mulai dari pekerjaan kantor hingga urusan keluarga.

"Mereka membuat daftar hal-hal yang harus diselesaikan, sehingga apa yang dikerjakan merupakan prioritas," terang Jennings.

3. Fokus dan menyeluruh saat mengerjakan sesuatu

"Jika sudah selesai makan, cucilah piring Anda. Artinya mengerjakan sesuatu dari awal hingga akhir," terang profesor dari Carleton University, Tim Pchycl.

4. Bijak buka email

Orang produktif tidak terlalu sering membuka email dalam satu hari. Jika terlalu sering malah membuat produktivitas terganggu.
"Kebanyakan orang produktif membuka email 2-3 kali dalam sehari," terang Jennings.

5. Tidak lupa memperhatikan diri sendiri

Orang yang produktif tak cuma bekerja hidupnya. Ia juga memikirkan diri sendiri untuk bersantai, tidur cukup, dan berolahraga. Karena aset terpenting seseorang adalah tubuh dan pikiran yang sehat, seperti diungkapkan pendiri sebuah website tentang produktivitas RegainYourTime.com, Maura Thomas.

"Sumber terbaik yang membuat Anda produktif adalah tubuh dan pikiran. Cukup tidur dan olahraga merupakan kunci berpikir jernih, lebih kreatif, dan lebih berenergi. Alhasil diri pun jadi produktif keesokan harinya,"

6. Batasi waktu

Ketika mengerjakan sesuatu estimasikan waktu yang diperlukan. Jika tak punya patokan waktu Anda akan tenggelam dalam kesibukan tersebut, tambah Thomas lagi.

7. Teknologi untuk membantu pekerjaan

Perangkat elektronik seperti ponsel merupakan kebutuhan penting masyrakat sekarang. Namun orang produktif tak akan terperdaya oleh serunya permainan atau saling berkirim pesan di ponsel. Bagi mereka, kehadiran teknologi untuk membuat hidup jadi lebih mudah dan terorganisir. Misalnya menggunakan aplikasi kalender untuk mencatat daftar pekerjaan yang harus dilakukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya