10 Resep Hidup Sehat dari Berbagai Negara

Oleh Risa Kosasih pada 13 Nov 2015, 20:16 WIB
Diperbarui 13 Nov 2015, 20:16 WIB
6 akun motivator hidup sehat di instagram
Perbesar
Pola hidup sehat merupakan harga mati untuk menjaga tubuh tetap bugar dan terhindar dari penyakit.

Liputan6.com, Jakarta - Pola hidup sehat merupakan harga mati untuk menjaga tubuh tetap bugar dan terhindar dari penyakit. Tapi bila Anda yang terlanjut sakit, tak perlu khawatir karena tak ada kata terlambat untuk menerapkan pola makan baik yang disertai aktivitas fisik tersebut.

Dikutip dari PopSugar, pada Sabtu (14/11/2015), berikut ini adalah 10 rahasia hidup sehat dari seluruh dunia yang berhasil dirangkum oleh Liputan6.com.

1. Meditasi

Meditasi merupakan penyembuhan andalan dari India untuk menurunkan stres dan meningkatkan kesehatan mental. Sebuah studi menunjukkan kalau meditasi bisa meningkatkan kesehatan sel, detak jantung, gelombang otak dan menurunkan tekanan darah.

2. Akupuntur

Berasal dari Tiongkok, akupuntur telah dipraktekkan selama ribuan tahun dan kini populer di Amerika Serikat. Orang yang rajin akupuntur punya kesehatan jantung dan kualitas tidur yang lebih baik.

3. Diet Mediterania

Diet yang berasal dari Yunani atau negara-negara di pesisir Laut Mediterania ini terfokus pada konsumsi buah-buahan segar, sayuran, ikan, unggas, biji-bijian dan lemak sehat seperti minyak zaitun. Pola makan ini bermanfaat untuk menurunkan resiko penyakit jantung, stroke dan kompilasi penyakit mata.

Bekam

Sauna, Detoksifikasi Lewat Kulit yang Bisa Atasi Jerawat
Perbesar
Kulit bersih, sehat dan kencang bisa didapatkan karena sauna. (Foto: www.zliving.com)

4. Muesli

Muesli ditemukan oleh seorang dokter Swiss lebih dari seratus tahun yang lalu untuk pasien rumah sakit. Kini, muesli  populer untuk makanan sarapan atau makan malam ringan dengan kombinasi oat yang digulung, biji-bijian, benih-benihan, dan buah kering. Muesli yang kaya serat mudah untuk dibuat sendiri di rumah.

5. Bekam

Bekam identik dengan budaya Mesir, Tiongkok, dan Timur Tengah. Terapi bekam bisa mempercepat penyembuhan masalah kulit, tekanan darah tinggi, dan gangguan darah seperti anemia.

6. Teh Mate

Teh Mate terbuat dari seduhan daun-daunan dan cengkeh dari Amerika Selatan. Teh ini disebut-sebut bisa meningkatkan metabolisme, membantu pencernaan, dan kesehatan jantung.

Tidur Siang

7. Sauna

Sauna dari Rusia, yang disebut Banya, adalah aktivitas relaksasi dan metode penurunan berat badan yang dipercaya bisa membakar kalori dengan cepat. Sauna juga bisa meningkatkan sirkulasi, kesehatan kulit, memperkuat kekebalan tubuh, menguragi penyakit pernafasan, dan menyeimbangkan pikiran serta emosi.

8. Makan masakan rumahan

Orang Polandia hanya menghabiskan 5 persen dari anggaran keluarga untuk makan di luar. Sedangkan keluarga di Amerika Serikat menghabiskan rata-rata setengah dari anggaran makanan mereka untuk makan di luar rumah menurut Dewan Makanan Sehat AS.

9. Tidur Siang

Anda mungkin terbiasa tidur siang pada saat masih duduk di bangku sekolah dasar. Tapi di Jepang, tidur siang diperbolehkan sebagai bagian dari gaya hidup sehat dan membantu meningkatkan produktivitas kerja. Salah satu perusahaan di Osaka, Hugo Inc memperbolehkan karyawan untuk tidur selama 30 menit setiap hari antara pukul 13.00 sampai 16.00.

10. Bersepeda

Sepeda jadi transportasi utama di Belanda, dan bahkan BBC News menulis jumlah sepeda di Negeri Kincir Angin itu lebih banyak dari jumlah penduduknya sendiri. Gaya hidup aktif ini menjadi salah satu faktor mengapa Belanda dilaporkan menjadi negara tersehat di dunia.

 

Lanjutkan Membaca ↓