Sukses

Tidur 8 Jam per Hari, Jantung Jadi Lebih Sehat

Dibandingkan yang tidur kurang dari 6 jam, orang yang tidur 8 jam sehari jantungnya lebih sehat.

Liputan6.com, New York- Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa cukup tidur berpengaruh terhadap kesehatan fisik dan mental. Nah, sebuah studi terbaru kembali menemukan manfaat bagi yang tidur 8 jam per hari memiliki kesehatan jantung dibandingkan yang tidur kurang dari 6 jam.

Manfaatnya tak cuma itu, orang yang tidur 8 jam per hari cenderung 1,6 kali cenderung makan sehat; lalu 1,7 kali memiliki indeks massa tubuh ideal; 1,2 kali tekanan darah lebuh baik; dan 2,4 kali kesehatan fisiknya lebih baik dibandingkan yang tidur kurang dari 6 jam per hari. Sebagian besar yang tidur kurang dari 6 jam adalah perempuan dan tidak kuliah.

Penelitian yang dilakukan terhadap 9.700 orang yang bekerja di sebuah organisasi yang bergerak di bidang kesehatan ini menekankan bahwa cukup tidur terkait dengan kesehatan jantung yang lebih baik. Namun tidak selalu orang yang kurang tidur kesehatannya jantung terganggu.

Namun, tetap dibutuhkan penelitian lanjutan untuk memastikan hasil studi ini seperti dikutip laman Live Science, Jumat (13/11/2015). (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini