Tidur 8 Jam per Hari, Jantung Jadi Lebih Sehat

Oleh Benedikta Desideria pada 13 Nov 2015, 15:00 WIB
Diperbarui 13 Nov 2015, 15:00 WIB
Hati-hati! Kurang Tidur Bisa Sebabkan Diabetes
Perbesar
Kurang tidur tak hanya bisa membuatmu rewel di pagi hari. Yuk simak bahaya kurang tidur yang lain.

Liputan6.com, New York- Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa cukup tidur berpengaruh terhadap kesehatan fisik dan mental. Nah, sebuah studi terbaru kembali menemukan manfaat bagi yang tidur 8 jam per hari memiliki kesehatan jantung dibandingkan yang tidur kurang dari 6 jam.

Manfaatnya tak cuma itu, orang yang tidur 8 jam per hari cenderung 1,6 kali cenderung makan sehat; lalu 1,7 kali memiliki indeks massa tubuh ideal; 1,2 kali tekanan darah lebuh baik; dan 2,4 kali kesehatan fisiknya lebih baik dibandingkan yang tidur kurang dari 6 jam per hari. Sebagian besar yang tidur kurang dari 6 jam adalah perempuan dan tidak kuliah.

Penelitian yang dilakukan terhadap 9.700 orang yang bekerja di sebuah organisasi yang bergerak di bidang kesehatan ini menekankan bahwa cukup tidur terkait dengan kesehatan jantung yang lebih baik. Namun tidak selalu orang yang kurang tidur kesehatannya jantung terganggu.

Namun, tetap dibutuhkan penelitian lanjutan untuk memastikan hasil studi ini seperti dikutip laman Live Science, Jumat (13/11/2015). (*)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya