Sukses

Perpustakaan Digital Siap Tingkatkan Minat Baca Anak

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan canangkan "Gerakan Indonesia Membaca".

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan canangkan "Gerakan Indonesia Membaca", dengan membagikan buku secara simbolis kepada para lembaga atau organisasi penyelenggara program Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat serta satuan pendidikan nonformal lainnya, untuk selanjutnya digunakan mendorong minat baca pada anak. 

Mendukung gerakan ini, Indosat kemudian memberikan memberikan donasi berlangganan Cipika Bookmate selama satu tahun kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan Indonesia Menyala. 

Indosat juga memberikan berlangganan Cipika Bookmate secara gratis bagi 200 taman bacaan atau perpustakaan selama 1 tahun untuk anggota Taman Baca Masyarakat yang merupakan bagian dari “Gerakan Indonesia Membaca”.

Gerakan ini diharapkan dapat menciptakan minat dan budaya baca, yang kemudian menciptakan masyarakat pembelajar sepanjang hayat (lifelong learning society). Diharapkan, masyarakat pembelajar tersebut dapat meningkatkan kecakapan sosial sekaligus kesejahteraan generasi bangsa selanjutnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Indosat juga memberikan secara gratis Cipika Bookmate pada 100 orang anggota Indonesia Menyala. Indonesia Menyala adalah para relawan pendukung kegiatan para Pengajar Muda dari Gerakan Indonesia Mengajar. Diharapkan, Cipika Bookmate ini dapat mendukung para relawan Indonesia Menyala, di pelosok-pelosok daerah tempat mereka ditempatkan. 

Indonesia Menyala berusaha untuk meningkatkan dan mendorong minat baca anak-anak seluruh Indonesia dengan mengadakan program Taman Baca Indonesia Menyala, yang kini sudah menyebar di berbagai kota dan kabupaten di seluruh Indonesia. Dengan menarik minat baca anak, para Penyala berharap bisa menanamkan budaya baca pada masyarakat Indonesia. 

Cipika Bookmate sendiri adalah layanan aplikasi buku digital pertama di Indonesia yang menyajikan konsep berlangganan layaknya perpustakaan dengan membayar satu kali dan bisa membaca sepuasnya. Pelanggan bebas membaca buku apa saja yang tersedia di dalam CIPIKABOOKMATE dengan total 500 ribu judul internasional dan 4 ribu judul lokal, melalui ponsel maupun desktop meskipun tanpa koneksi internet.

Pada penyelenggaraan layanan buku digital, Cipika berkolaborasi dengan platform international yang dikelola oleh Bookmate. Aplikasi Bookmate sendiri sudah digunakan di beberapa negara di dunia dan lebih dari 9 bahasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini