Sukses

Prancis Perbolehkan Gay Donorkan Darah

Tapi dengan syarat, kaum gay ini tidak bercinta selama beberapa bulan sebelumnya.

Liputan6.com, Paris- Pemerintah Prancis mengumumkan pada pekan lalu memperkenankan pria yang menyukai sesama jenis atau gay untuk mendonorkan darah. Tapi dengan syarat, mereka tidak bercinta selama beberapa bulan sebelumnya.

Darah dari para pria homoseksual akan diperbolehkan mulai musim semi nanti dengan peraturan ketat. Pria gay boleh mendonorkan keseluruhan darah yakni platelet, plasma, dan sel darah merah bila tak berhubungan seksual 12 bulan sebelumnya. Tapi jika pria ini hanya ingin memberikan cairan plasma darah syaratnya tak bercinta empat bulan sebelumnya.

Mentri Kesehatan Prancis, Marisol Touraine mengatakan kebijakan ini menunjukkan mengangkat martabat pria homoseksual serta kesetaraan seperti dikutip laman Time, Selasa (10/11/2015).

Sebelumnya kebijakan larangan mendonorkan darah pada pria gay di Prancis pernah muncul yakni 1983. Larangan ini muncul setelah ratusan orang tewas ketika pusat tranfusi darah nasional secara tak sengaja mendistribusikan darah tercemar HIV.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini