Sukses

Tren Ibu Rumah Tangga Gemuk Kian Meningkat

Tak hanya laki-laki yang mengalami kegemukan, jumlah ibu rumah tangga juga menunjukkan peningkatan obesitas yang signifikan.

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya laki-laki yang mengalami kegemukan, jumlah ibu rumah tangga juga menunjukkan peningkatan obesitas yang signifikan.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 mencatat, prevalensi obesitas wanita sebesar 32,9 persen dan pria sebanyak 19,7 persen. Menurut Kepala Bidang Pencegahan Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Lilik Hernanto, dibanding data Riskesdas 2010, angka wanita penderita obesitas meningkat 17,5 persen, sedangkan pria meningkat 11,9 persen.

"Tren meningkat pada wanita karena banyak ibu-ibu dimudahkan dengan teknologi yang ada. Seperti misalnya mencuci menggunakan mesin cuci, makan tinggal pesan dan duduk manis sambil menonton tv. Ini sangat mengkhawatirkan," katanya pada wartawan di sela-sela temu media peringatan Hari Diabetes Sedunia 2015 di kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta (5/11/2015).

Kendati demikian, Lilik mengatakan, Kementerian Kesehatan tidak bisa bertindak sendirian. Perlu ada dukungan dan penyuluhan baik dari profesi kedokteran atau private sektor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.