Sukses

Pelihara Anjing, Risiko Anak Terkena Asma Berkurang

Anak yang memelihara anjing sejak bayi memiliki risiko 13 persen lebih rendah terkena asma pada usia 6 tahun.

Liputan6.com, New York- Anak yang dibesarkan dalam sebuah keluarga yang memelihara anjing saat satu tahun pertama kehidupannya memiliki risiko yang lebih rendah terkena asma.

Penelitian tersebut melakukan studi terhadap 377.000 anak usia prasekolah dan 276.000 anak usia sekolah di Swedia. Anak-anak usia sekolah yang terlibat dalam penelitian ini dan memiliki kontak dengan anjing sejak bayi memiliki risiko 13 persen lebih rendah terkena asma pada usia 6 tahun.

"Mungkin karena ada faktor tunggal maupun hal-hal lain atau kombinasi keduanya yang berhubungan dengan gaya hidup tinggal bersama hewan. Misalnya kotoran rumah dan debu hewan peliharaan bermanfaat membuat anak jadi lebih kuat di kemudian hari," kata profesor dari Uppsala University, Swedia, Tove Fall.

Tak hanya anjing, orang yang memelihara hewan ternak lain di sekitar rumah berdasarkan penelitian yang dipublikasi dalam jurnal JAMA Pediatrics turut menurunkan risiko terkena asma hingga 52 persen seperti dikutip laman Live Science, Selasa (3/11/2015). (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.