Sukses

6 Makanan Lezat Penurun Kolesterol Jahat

Mulai dari salmon hingga cokelat hitam. Yakin mau menolak?

Liputan6.com, New York- Dengan mengubah sedikit pola makan, kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh bisa berkurang. Hal ini mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Berikut tujuh makanan yang disarankan untuk menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh seperti dikutip dari laman Prevention, Rabu (4/11/2015).

1. Biji Gandum / Oats

Cara sederhana untuk menurunkan kolesterol dengan mengubah menu sarapan. Zat beta glucan dalam biji gandum dapat menyerap dan mengeluarkan LDL dalam tubuh Anda.

2. Salmon

Menurut penelitian dari Universitas Loma Linda, menggantikan lemak jenuh dengan omega-3 yang terdapat pada ikan salmon, sarden dan herring dapat meningkatkan kolesterol baik sebesar 4%.

3. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan benar-benar baik untuk jantung Anda. Para peneliti di Universitas Arizona menemukan jika menambahkan setengah gelas kacang ke dalam sup dapat menurunkan total kolesterol, termasuk LDL, hingga 8%.

Kunci untuk jantung sehat dilihat dari makanannya yang kaya serat, seperti kacang-kacangan, karena terbukti serat dapat memperlambat laju dan daya serap kolesterol yang terdapat dalam makanan.

4. Cokelat

Antioksidan yang kuat dalam cokelat membantu membangun kandungan kolesterol baik. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di AJCN, terungkap bahwa peserta yang mengonsumsi cokelat hitam mengalami peningkatan 24% kandungan kolesterol baiknya (HDL) selama 12 minggu.

5. Bayam

Sayuran hijau ini mengandung banyak lutein. Penelitian menunjukkan konsumsi makanan kaya lutein menurunkan risiko serangan jantung, karena lutein membantu membangun dinding arteri dari serbuan kolesterol penyebab penyumbatan.

6. Avokad

Avokad merupakan sumber dari lemak tak jenuh, jenis lemak yang dapat membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL) sambil menurunkan kolesterol jahat (LDL). Kelebihan lainnya, avokad juga mengandung lemak nabati yang mampu mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.