Sukses

Bau Kotoran Telinga Rupanya Bermanfaat

Siapa sangka, bau yang menguar dari lubang telinga ini rupanya punya manfaat khusus.

Liputan6.com, Jakarta Kotoran telinga selain mengganggu juga kerap membuat kita tak nyaman karena baunya yang kurang mengenakkan. Tapi siapa sangka, bau yang menguar dari lubang telinga ini rupanya punya manfaat khusus bagi telinga itu sendiri.

"Memang baunya itu sedikit tidak enak. Bau yang tidak enak itu bermanfaat supaya binatang tidak ingin masuk ke liang telinga," kata dr Agus Dokter di Rumah Sakit Puri Indah dan RSPI, Dr Agus Subagio, SpTHT.

Kotoran telinga yang kerap disebut serumen itu, menurut Agus, sebenarnya merupakan kelenjar yang diproduksi oleh sepertiga bagian luar telinga kita. Fungsinya mencegah bakteri dan jamur agar tak tumbuh karena kelenjar telinga sifatnya asam.

"Selain juga untuk melumaskan daerah liang," ujar Agus.

Kata Agus, kotoran telinga itu sama seperti keringat. Pada beberapa orang, produksi kotoran ini bisa berlebihan. Anda yang ingin membersihkan kotoran telinga sebaiknya menghindari penggunaan cotton buds karena ada risiko di baliknya, seperti merusak gendang telinga. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.