Sukses

Ayo Latih Otak dengan Hitung Mundur Bulan dalam Setahun

Jika biasanya kita terbiasa menghitung bulan dalam setahun secara berurutan, mulai sekarang, cobalah menghitung mundur.

Liputan6.com, Jakarta Jika biasanya Anda terbiasa menghitung bulan dalam setahun secara berurutan, mulai sekarang, cobalah menghitung mundur. Mulai dari Desember, November, Oktober dan seterusnya.

Bukan tanpa alasan, ternyata tes mudah ini telah digunakan selama bertahun-tahun untuk mendeteksi risiko gangguan mental, termasuk demensia, parkinson dan kondisi neurologis lainnya.

Tapi ada syaratnya, Anda harus melakukannya dalam waktu kurang dari 20 detik. Meski sederhana, tes ini cukup menantang otak dan melatih fokus dan memori.

Menurut laporan World Journal of Psychiatri, para peneliti telah menganalisis 22 studi terkait tes ini. Mereka menemukan, kecepatan dan ketepatan menghapal dan menghitung mundur bulan dapat melatih otak.

"Orang yang sehat biasanya dapat menyelesaikan tes dalam waktu 20 detik," kata peneliti, seperti dikutip Dailymail, Selasa (27/10/2015).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.