Sukses

11 Alasan Anda Selalu Merasa Lelah

Cermati apakah satu dari 11 hal ini yang menyebabkan Anda selalu merasa lelah?

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda selalu merasa kelelahan meski telah tidur cukup? Jika iya, melansir dari laman Womensday, Jumat (23/10/2015), bisa jadi satu dari 11 hal ini yang menyebabkannya!

1. Tidak bangun pagi

Berlama-lama bangun dari tidur cenderung berdampak negatif ketimbang positif.

"Tidur lebih awal dan bangun bagi membuat kita sehat, kaya, dan bijak". Ungkapan ini tentulah bukan seakdar kata-kata mutiara. Anda perlu segera bangun dan meluangkan waktu untuk mengurangi stres sebelum memulai hari. Tak percaya? Sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard pada 2008 menunjukkan, orang yang bangun pagi lebih baik dalam mengantisipasi masalah dan proaktif ketimbang mereka yang terbiasa begadang. Ini dikaitkan pula dengan kehidupan dan pekerjaan, kinerja, serta sukses yang lebih baik.

2. Dikelilingi oleh orang-orang negatif

Rekan kerja yang gemas mengeluh serta teman yang selalu menggerutu akan membuat Anda letih.

"Orang yang Anda izinkan untuk masuk dalam kehidupan tak hanya berpengaruh pada emosional Anda melainkan juga bagi fisik," jeasl Vicky Vlachonis, osteopath dan penulis buku The Body Doesn't Lie.

"Jika orang-orang yang sinis dan senang komplain mengelilingi Anda, mereka bisa menyedot engeri Anda," lanjutnya.

Lantas bagaimana mengatasi hal ini? Vlachonis menyarankan untuk menghindari mereka yang hanya akan membuang waktu Anda dan melangkah dengan perasaan lebih positif dan penuh syukur. Perasaan gembira memberi suntikan energi yang melimpah bagi tubuh!

3. Kehidupan seks Anda bermasalah

Kebanyakan orang mengatakan terlalu lelah untuk melakukan seks. Padahal berhubungan intim bisa membantu Anda mendapatkan istirahat malam yang berkualitas. Ini karena orgasme melepaskan prolaktin, yang secara alami menjadi lebih tinggi ketika kita tidur. Kehidupan seks yang aktif juga membuat Anda lebih berenergi.

4. Mengalami defisiensi magnesium

Mungkin terdengar aneh, tapi pikirkan magnesium sebagai 'mineral relaksasi`, jelas Dr Mark Hyman, direktur Cleveland Clinic Center for Functional Medicine. Kenapa? Ini membantu meningkatkan seberapa efektif tidur Anda, berapa lama Anda jatuh tertidur, dan seberapa lama Anda terbangun, menurut National Institutes of Health. Untuk memastikan Anda mendapat dosis yang tepat, Jaclyn London, Direktur Nutrisi di Good Housekeeping Institute menyarankan mengonsumsi makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, avokad, dan sayuran hijau. (Hanya perlu diingat bahwa mineral baik ini terkadang memiliki efek laksatif).

5. Benci pekerjaan

Jujur saja, rutinitas bangun pagi untuk bekerja saja bisa membuat Anda lelah, ditambah lagi jika harus berurusan dengan rekan kerja yang menuntut kesabaran ekstra. Jika Anda selalu merasa kinerja melambat, kemungkinan Anda perlu berganti suasana kantor. Perlu bukti? Beberapa studi menunjukkan bahwa orang yang membenci pekerjaan mereka mengalami sulit tidur, terutama karena stres. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Melewatkan olahraga

6. Melewatkan berolahraga

Latihan fisik secara rutin bisa mengurangi risiko depresi dan membantu Anda tidur lebih baik menurut Center for Disease Control and Prevention. Tak perlu waktu lama, cukup dengan 150 menit latihan sedang selama 1 minggu bisa membuat Anda 65 persen lebih berenergi di siang hari.

7. Tak mendapat cukup cahaya matahari

Ini terkait dengan ritme sirkadian. "Saat orang terpapar sinar matahari atau cahaya buatan yang sangat terang di pagi hari, produksi melatonin nokturnal mereka muncul lebih awal, dan mereka bisa tidur lebih mudah di malam hari," tulis M. Nathanile Mead dalam artikel Environmental Health Perspectives. (Ini sebabnya Anda perlu mematikan lampu sebelum tidur).

8. Anda stres

Setiap orang tahu bahwa kecemasan tidak baik. Terutama karena hal itu menyebabkan bisul, uban, dan kelelahan. Sters juga penyebab utama insomnia, menurut Mayo Clinic.

Siklus ini seperti lingkaran setan: Kurang tidur menyebabkan Anda mudah gusar dan kesal, menciptakan lebih banyak masalah dan membuat Anda kesulitan tidur di malam berikutnya. Jadi luangkan waktu untuk mengurangi stres dan coba letakkan masalah pada tempatnya.

9. Ada gangguan auto-imun

Ya, gangguan kesehatan yang berkaitan dengan auto-imun menyebabkan kelelahan, ungkap Depertement of Health of Human Services Amerika Serikat. Dan karena wanita tiga kali lebih berisiko terkena penyakit ini dibanding pria, pastikan Anda berkonsultasi pada dokter jika selalu merasa kelelahan. Bisa jadi ada gangguan penyakit yang lebih serius yang sebelumnya tak terlalu Anda perhatikan.

10. Kamar tidur berantakan

Jika kamar tidur Anda dipenuhi pakaian, sepatu, berkas-berkas kerja yang berantakan, Anda tak akan bisa tidur dengan nyenyak. Menurut National Sleep Foundation, kamar tidur harus dalam keadaan bersih, nyaman, dan kondusif untuk beristirahat.

11. Terlalu banyak makan makanan olahan

Makanan olahan yang dimaksud adalah sajian tinggi karbohidhrat seperti burger dan kentang goreng, nasi putih, pasta, dan roti. Mengganti makanan tersebut dengan buah, sayuran, gandum utuh, dan protein ringan bisa meningkatkan energi sekaligus menambah asupan vitamin dan mineral bagi tubuh. Dan karena sayuran serta buah mengandung air, tubuh pun tetap terhidrasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini