Sukses

Meski Otak Lebih Besar, Pria Tak Lebih Cerdas dari Wanita

Ukuran otak pria memang lebih besar daripada wanita, tapi itu tidak membuat pria lebih pintar dan cerdas.

Liputan6.com, Jakarta Ukuran otak pria memang lebih besar daripada wanita, tapi itu tidak membuat pria lebih pintar dan cerdas. Sebuah penelitian baru menemukan hubungan yang sangat lemah antara ukuran otak dan IQ manusia.

Salah satu peneliti Jakob Pietschnig dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Wina di Austria mengatakan volume otak hanya berperan kecil dalam menjelaskan kinerja tes IQ pada manusia.

Para peneliti menunjukkan tidak ada perbedaan dalam kinerja tes IQ global antara pria dan wanita, walaupun otak pria ukurannya lebih besar dibanding wanita.

Mereka mencatat pentingnya struktur otak dibandingkan dengan volume otak ketika membandingkan spesies yang berbeda. Perbedaan struktur otak tampaknya bertanggung jawab dalam kinerja kognitif.

Contoh lainnya adalah individu dengan sindrom megalencephaly (volume otak membesar) biasanya menunjukkan hasil tes IQ lebih rendah dari rata-rata penduduk.

"Aspek struktural tampaknya lebih penting untuk kinerja kognitif pada manusia," kata Pietschnig seperti dilansir Zeenews, ditulis Rabu, 21/10/2015.

Temuan ini muncul dalam jurnal Neuroscience and Biobehavioral Reviews. (Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.