Sukses

Perempuan Terberat di Dunia Berhasil Turunkan Berat Badannya

Perempuan yang pernah mendapat predikat terberat di dunia ini berhasil menurunkan berat badan hingga hampir setengah berat tubuhnya dulu.

Liputan6.com, New York- Perjuangan Catrina Raiford (38), yang pernah meraih gelar perempuan terberat di dunia, untuk menurunkan berat badan patut diacungi jempol. Ia telah berhasil menurunkan berat tubuhnya hingga 227 kilogram dari 450-an kilogram. Namun penurunan berat badan yang ekstrim membuat tubuhnya bergelambir dengan total capai 63 kg.

Catrina sudah senang dengan berat badannya saat ini, tapi ia tetap berusaha untuk terus menurunkannya secara perlahan. Ia juga sedang berjuang menghimpun dana sekitar $10.000 atau setara dengan Rp 136 juta (kurs Rp 13.620/$) dengan GoFundMe agar bisa jalani tindakan pengambilan gelambir di tubuhnya.

"Aku lebih bahagia sekarang dan merasa percaya diri. Biasanya aku selalu berada di kasur tapi kini aku bisa bergerak bebas," tuturnya seperti dikutip laman Daily Mail, Rabu (21/10/2015).

Banyak orang bertanya-tanya penyebab berat badannya yang mencapai angka ratusan. Ia mengaku pelecehan seksual saat anak-anak jadi pemicunya. Ia mulai menjadi senang makan manis, permen, dan aneka makanan lain.

Pada usia 12 tahun, tubuh Catrina sudah sangat besar. Hingga sang ibu pun harus membuatkan baju khusus untuknya. Di usia 14 tahun berat badannya capai 203 kg. Ia pun bertemu psikiater untuk atasi makan berlebihnya. Namun kebiasaan makannya tak berhenti. Ia terus makan banyak hingga berat badannya capai lebih dari 450-an kg.

Hingga di tahun 2003 saat kesulitan bernapas ia benar-benar memutuskan turunkan berat badan. Dan kini, sedikit demi sedikit ia mulai berhasil melakukannya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini