Sukses

Catat, Kuman dapat Terbang Sejauh 3,5 Meter di Udara

Dari penelitian itu juga terungkap, 100.000 virus menyebar ke udara dari mulut orang yang bersin.

Liputan6.com, Jakarta Satu penelitian yang dilakukan Massachusetts Institute of Technology menyebut butiran kuman dapat terbang sejauh tiga setengah meter di udara. Jadi, jika orang yang berada tak jauh dari kita mendadak bersin atau batuk, berpalinglah selama sepuluh detik sampai udara benar-benar bersih.

Dan jika sedang berada di dalam bus atau moda transportasi umum lainnya, sebaiknya jangan memegang apa pun yang ada di sana. Seperti pegangan kursi atau pengangan tangan yang menggantung. Sebaiknya, lap terlebih dahulu atau cuci tangan setelah memegang bagian-bagian tersebut.

Dari penelitian itu juga terungkap, 100.000 virus menyebar ke udara dari mulut orang yang bersin. Parahnya, virus tersebut dapat bertahan hidup selama 48 jam di gagang pintu atau remote televisi dan tempat-tempat lainnya jika itu terjadi di rumah.

Seperti dikutip dari situs Daily Mail, Selasa (20/10/2015), seorang spesialis influenza di Imperial College, London, Inggris, Profesor Wendy Barclay menyarankan, jangan lupa pakai masker, bersihkan tempat-tempat tersebut, dan jangan lupa cuci tangan pakai sabun dan air mengalir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini