Sukses

Gel Ajaib Ini Mampu Hentikan Pendarahan Dalam Sekejap

Produk yang bernama VetiGel ini bekerja dengan mekanisme alami pada tubuh dengan membekukan darah sehingga pendarahan berhenti.

Liputan6.com, Jakarta Plester dan perban yang biasanya terlintas di benak kita ketika akan menghentikan pendarahan pada luka. Namun bisa jadi kedua hal tersebut akan segera jadi masa lalu karena kini sedang dikembangkan sejenis gel yang bisa menyelamatkan nyawa. Gel ini dipercaya dapat menghentikan pendarahan ringan dan parah dalam hitungan detik.

Produk yang bernama VetiGel ini bekerja dengan mekanisme alami pada tubuh dengan membekukan darah sehingga pendarahan berhenti. Bahan yang digunakan adalah haemophilic polymer nabati.

VetiGel digagas oleh insinyur kimia biomolekul yang dulu menuntut ilmu di Polytechnic Institut of NYU, New York, Amerika Serikat bernama Joe Landolina. Kini, ia mendirikan sebuah perusahaan di Brooklyn bernama Suneris. Sebenarnya ide ini sudah digagasnya saat berusia 17 tahun.

Saat diaplikasikan untuk hentikan pendarahan, gel berubah bentuk dan warna ketika berinteraksi dengan jaringan. Selain itu, gel ini memiliki sifat antimikroba dan bila digunakan para ahli di lingkungan steril akan tetap aman. Sehingga diklaim sebagai cara 'bersih' untuk membersihkan luka.

"Vetigel efektif karena bekerja menyatu saat proses penyembuhan alami tubuh, " kata Landolina saat diwawancarai Bloomberg.

Gel ini pun bisa juga digunakan di zona perang yang penuh debu. Kemungkikan besar bisa digunakan untuk mengatasi luka pendarahan pertama sampai tentara mendapatkan bantuan medis.

"Dokter bisa mengangkatnya lalu mengobati luka," ucap Landolina.

Saat di zona perang dan tentara terluka, gel ini bisa menghentikan pendarahan dalam waktu 15 detik seperti dituturkan VP of Engeneering Suneris, Omar Ahmad seperti dikutip laman Daily Mail, Selasa(20/10/2015).

Lewat teknologi VetiGel, Landolina mengklaim bisa menyelamatkan nyawa dan mengganti 80 persen alat penunjang perawatan luka seperti plester, antiseptik, dan perban.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kapan bisa digunakan?

Kapan Gel Ini Bisa Digunakan

Saat ini VetiGel masih dalam tahap perkembangan serta uji coba pada hewan yang mengalami luka pendarahan hebat.

Akan banyak uji coba dilakukan demi mendapatkan izin Food and Drug Admnistration (BPOM Amerika Serikat) agar VetiGel bisa digunakan mengatasi luka pada manusia.

VetiGel diharapkan mampu menjadi obat utama saat di medan perang. Dan produk ini diklaim oleh Omar Ahmad mampu menghentikan pendarahan dalam waktu singkat.

"Andaikata ada tentara yang tertembak di medan perang dan hanya butuh waktu tiga menit untuk hidup. Dengan menerapkan ini (VetiGel) tidak hanya menghentikan pendarahan dalam waktu 15 detik, dan tetap akan berhenti karena kekuatannya mampu membekukan yang tinggi," tutur Ahmad.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini