Sukses

Sering Konsumsi Gorengan, Awas Penyakit Jantung Koroner

Di balik kelezatan gorengan ada bahaya yang mengintai bila dikonsumsi berlebihan.

Liputan6.com, Jakarta Bakwan, pisang goreng, cireng, kentang goreng, dan aneka makanan yang digoreng lainnya memang rasanya lezat di lidah. Bagi sebagian orang satu tak cukup akan cukup. Namun dibalik kelezatan gorengan ada bahaya yang mengintai bila dikonsumsi berlebihan. 

"Makan gorengan (dan makanan yang digoreng lain) seringnya adalah penyebab tingginya kadar kolesterol dalam darah," tulis para ahli nutrisi dalam buku Fakta! 101 Mitos Kesehatan berdasarkan studi yang dipublikasikan British Medical Journal tahun 1996.

Lama kelamaan, makanan yang digoreng tadi akan menciptakan plak yang dapat menyumbat pembuluh darah menuju jantung. Inilah  yang disebut dengan jantung koroner seperti dikutip health-Liputan6.com dari buku yang sama pada Senin (19/10/2015).

Mengonsumsi makanan yang digoreng tak masalah tapi sebaiknya pilih yang dikukus atau direbus. Pisang rebus juga tak kalah lezatnya kan dengan pisang goreng?

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini