Sukses

8 Alasan Anda Mesti Rajin Cuci Tangan

Anda wajib cuci tangan sebelum atau setelah melakukan hal-hal berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Tahukah jika ada lebih dari 5 ribu kuman di tangan Anda sekarang? Sayangnya, Anda tak dapat melihatnya secara langsung sehingga tak terlalu khawatir akan hal itu. Tapi percayalah, jika Anda bisa melihatnya, dijamin Anda akan mencuci tangan setidaknya 20 kali sehari.

Mencuci tangan terlalu sering juga tidak baik. Tapi setidaknya Anda wajib cuci tangan sebelum atau setelah melakukan hal-hal berikut ini, dilansir dari laman Indiatimes, Kamis (15/10/2015):

1. Sebelum makan

Ini sangat penting dilakukan, jika tidak, sama saja Anda memasukkan ribuan kuman ke dalam mulut saat makan. Hal itu bisa mengakibatkan kesehatan Anda terganggu.

2. Sebelum memasak

Anda tak ingin kuman-kuman di tangan berpindah ke makanan yang akan disantap bukan?

3. Setelah dari kamar mandi

Kotoran mengandung banyak kuman yang bisa membuat Anda jatuh sakit. Meskipun Anda tak menyentuh kotoran, Anda tetap harus mencuci tangan. Pasalnya, ketika Anda menyiram toilet, kuman akan memercik ke seluruh toilet, termasuk ke gagang pintu hingga tisu. Jadi jika tak ingin kuman yang bersarang di kotoran ganti hinggap di tangan, sebaiknya cuci tangan dengan sabun setelah buang air. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Setelah bersin dan batuk

4. Setelah bersin, batuk, atau membuang ingus

Ketika Anda sakit, itu karena bakteri atau virus menyerang daya tahan tubuh. Setiap kali Anda bersin, batuk, atau membuang ingus, Anda menyebarkan kuman ke mana-mana, dan mungkin menghinggapi orang di sekitar. Gunakan tisu atau saputangan dan bersin atau batuk dengan menutup mulut dan hidung lalu cucilah tangan setelahnya. Jika tidak, kuman akan menyebar pada benda apa pun yang Anda sentuh.

5. Setelah buang sampah

Sampah mulai membusuk, dan proses itu melibatkan banyak bakteri dan kuman. Meskipun Anda tak menyentuh sampah secara langsung, sampah dan kantong plastik sampah mengandung banyak kuman.

6. Setelah mengganti popok

Ingat bukan bagaimana kuman menyebar di toilet? Ini juga berlaku ketika Anda mengganti popok si kecil.

3 dari 3 halaman

Setelah main dengan hewan peliharaan

7. Setelah main dengan hewan peliharaan

Binatang peliharaan juga memiliki kuman. Jadi setelah mengusap bulu-bulu hewan peliharaan sebaiknya Anda segera mencuci tangan. Apalagi jika tangan Anda terkena jilatannya.

8. Sebelum dan setelah menjenguk orang sakit

Anda perlu mencuci tangan sebelum mengunjungi orang yang sakit karena jika tidak kuman Anda akan mencelakai mereka mengingat sistem kekebalan tubuh mereka tengah lemah. Anda juga perlu cuci tangan setelah berkunjung karena kuman orang yang sakit juga bisa membahayakan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.