Sukses

Dua Penyakit Ini Intai Remaja yang Gemar Mengakses Internet

Remaja yang menghabiskan waktu berselencar di dunia maya selama berjam-jam juga berisiko mengalami kenaikan berat badan dan darah tinggi.

Liputan6.com, Jakarta Hindari mengakses internet selama 14 jam dalam seminggu supaya terhindar dari tekanan darah tinggi di usia muda. Remaja yang menghabiskan waktu berselancar di dunia maya selama berjam-jam juga berisiko mengalami kenaikan berat badan.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Henry Ford Hospital di Detroit, Amerika Serikat, dan telah dipublikasikan dalam Journal of School Nursing, terhadap 335 remaja berusia 14-17 tahun, ditemukan bahwa remaja di usia ini rentan mengalami darah tinggi dan obesitas karena terlalu fokus ke gawai.

Obesitas terjadi bukan hanya mereka kurang bergerak aktif, tapi juga karena saat ada makanan masuk ke dalam mulut pun mereka tidak menyadarinya. Yang pada akhirnya membuat mereka makan lagi karena merasa tidak kenyang.

Penulis studi Andrea Cassidy-Bushrow mengatakan, sangat penting bagi para remaja untuk mengurangi segala aktivitas yang berhubungan dengan jaringan internet. Tak hanya mengakses media sosial dan bermain games online saja tapi juga belanja online.

"Seharusnya mereka mempergunakan waktu untuk beristirahat dengan teratur, dan terlibat beberapa jenis aktivitas fisik," kata Andrea dikutip dari situs Times of India, Kamis (8/10/2015). (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.