Sukses

Benarkah Janin Usia 16 Minggu Sudah Bisa Dengarkan Musik?

Para ilmuwan dari Institut Marques, Barcelona, Spanyol menunjukkan janin usia 16 minggu mampu mendeteksi suara.

Liputan6.com, London - Sebuah studi teranyar mengungkapkan bahwa janin yang sudah berusia 16 minggu di dalam kandungan ternyata sudah bisa mendengar. Kesimpulan ini didapat setelah para ilmuwan dari Institut Marques, Barcelona, Spanyol menunjukkan hasil penelitiannya bahwa janin mampu mendeteksi suara.

Tak hanya itu, mereka pun mampu merespon suara dengan menggerakan bibir dan mulut.

Penelitian sebelumnya mengenai kemampuan mendengar janin mengungkapkan bahwa janin baru merespon terhadap musik di usia 26 minggu. 

Pemimpin penelitian ini, dokter Marisa Lopez-Teijon mengatakan temuan ini menunjukkan janin mampu merespon musik lagu Johann Sebastian Bach berjudul Partita in A Minor yang ditransmiskan via vagina. Sekitar 87 persen janin bereaksi menggerakkan kepala dan anggota tubuh lain saat didengarkan lagu tersebut.

Janin usia 16 minggu bisa mendengar, mulutnya bergerak-gerak. (Foto: Institut Marques)

 

Janin usia 16 minggu bisa mendengar, mulutnya bergerak-gerak. (Foto: Institut Marques)

"Respon pada setiap janin berbeda-beda, dengan tingkat respon yang beragam setiap kali musik dimainkan," terang peneliti dalam Jurnal Ultrasound dikutip dari laman Daily Mail, Kamis (8/10/2015).

Selain menguji kemampuan dengar janin di usia 16 minggu, studi ini juga berguna untuk mendeteksi kemungkinan tuli pada janin. 

Musik merangsang bagian otak yang terlibat dengan komunikasi, sehingga saat mendengar janin akan merespon suara itu dengan gerakan yang mirip vokalisasi. Sebuah langkah sebelum mampu bernyanyi dan berbicara.

 Diagram ini menunjukkan suara yang dimainkan intravaginal kepada janin. (Foto: Institut Marques)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini