Sukses

Tips Tidur Nyenyak dalam 1 Menit

Untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak dan berkualitas, ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan saat bersiap tidur di malam hari.

Liputan6.com, Jakarta Setelah melewati satu hari yang sibuk, tentunya Anda hanya ingin segera terlelap setelah merebahkan tubuh di kasur. Namun, alih-alih langsung tertidur, tak jarang Anda menghabiskan waktu cukup lama, berguling ke kanan dan ke kiri sambil menunggu kantuk datang. Pada akhirnya, Anda bangun di pagi hari dengan tubuh yang masih lelah.

Untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak dan berkualitas, ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan saat bersiap tidur di malam hari. Hebatnya, Anda tak memerlukan waktu lebih dari 1 menit. Inilah trik-trik tersebut yang dilansir dari laman Health.com, Selasa, (6/10/2015).

1. Atur napas

Cobalah untuk mengatur napas Anda agar lebih pelan. Tariklah napas panjang melalui hidung, dan buanglah secara perlahan melalui mulut. Lakukan sampai sekitar 10 kali. Hal ini bertujuan untuk menurunkan kecepatan detak jantung Anda sehingga tubuh menjadi lebih santai dan siap tidur lelap. 

2. Hitung mundur sambil menatap ke langit-langit

Memang ini terdengar seperti trik usang, namun percayalah, jika Anda benar-benar melakukannya tubuh Anda akan menjadi lebih santai dan rileks.

Menatap ke langit-langit akan menstimulasi sistem saraf parasimpatetik, yang akan menurunkan tekanan darah dan membantu Anda mengatur napas. Menghitung mundur dari 60 juga membantu mengalihkan pikiran Anda dari hal-hal yang mungkin mengganggu.

3. Menulis diary

Oke, Anda mungkin punya blog yang rajin Anda tulis, atau menganggap menulis buku harian hanyalah kebiasaan yang dilakukan ABG di tahun 90-an. Tapi tahukah Anda bahwa kebiasaan ini bisa berhasil membuat tidur lebih nyenyak?

Menulis di buku harian memiliki efek yang sama dengan menceritakan masalah Anda kepada orang terdekat, rasanya melegakan. Menuliskannya juga membantu untuk melupakan segala kekhawatiran sehingga Anda bisa tidur dengan tenang. (Nils)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.