Sukses

Jangan Minum Teh Hijau Berlebihan, Ini Alasannya

Sebagian orang percaya, teh hijau dapat membuat tubuh jadi kurus. Padahal, yang terjadi tidak seperti itu

Liputan6.com, Jakarta Konsumsi teh hijau telah lama dikaitkan dengan pengurangan risiko diabetes dan kanker. Sejumlah penelitian mengungkapkan, teh hijau tanpa gula dapat mempercepat proses penurunan berat badan.

Penelitian ini tidak mengada-ada. Terbukti, individu yang gemar meminum teh hijau diimbangi dengan pola hidup sehat berhasil menurunkan berat badan dengan cepat.

Peneliti mengklaim teh hijau memiliki sifat detoksifikasi yang berguna mengurangi kembung, mempercepat proses penurunan berat badan, dan meningkatkan metabolisme. Meski ditekankan juga harus diimbangi dengan diet yang sehat dan olahraga teratur.

Namun, teh hijau bisa mendatangkan malapetaka jika diminum berlebihan. Nutrisionis dan member dari Tea Advisory Tea di London Carrie Ruxton menjelaskan, minum teh hijau berlebihan telah dikaitkan dengan kerusakan hati. Terlebih jika teh hijau yang kita minum berasal dari produsen yang tidak diketahui asal-usulnya.

"Faktor yang mempercepat proses penurunan berat badan sebenarnya bukan terdapat di tehnya, melainkan dari pola hidup yang juga kita jalani. Teh hijau memiliki efek pencahar, yang membuat perut mudah rata dan tidak kembung," kata Carrie Ruxton dikutip dari situs Daily Mail, Senin (5/10/2015).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.