Gawai Bikin Relasi Ortu dan Anak Makin Renggang

Oleh Aditya Eka Prawira pada 02 Okt 2015, 10:00 WIB
Diperbarui 02 Okt 2015, 10:00 WIB
8 Tips menghindari penyakit kanker akibat radiasi ponsel
Perbesar
8 Tips menghindari penyakit kanker akibat radiasi ponsel

Liputan6.com, Jakarta Ungkapan `mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat` terdengar pantas untuk para pemiliki gawai di era digital ini. Ditambah dengan kehadiran beragam media sosial membuat segelintir orang lebih nyaman berinteraksi di situ ketimbang bertatap muka secara langsung.

Sebagai seorang psikolog klinis, Kasandra Putranto merasa kehadiran gawai membuat sejumlah orang lupa arti dan manfaat dari sebuah dekapan, kehangatan, dan cinta yang tidak dapat disampaikan dengan sejuta pesan apa pun. Interaksi sosial secara langsung kian menurun. Terlihat dari lebih mudahnya mengirimkan pesan kepada orang terdekat yang sedang sakit via Facebook, Twitter, atau pesan singkat, bukannya datang menjenguk orang terdekat yang sedang sakit.

"Obat memang dapat menyembuhkan penyakit. Dekapan, kehangatan yang kita berikan rupanya dapat mempercepat proses penyembuhan penyakit, sekali pun tidak perlu minum obat (untuk penyakit tertentu)," kata Kasandra Putranto dalam sebuah diskusi media `Kehangatan dan Kasih Sayang untuk Kesembuhan` di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (30/9/2015) siang.

Hati-hati, menurunnya interaksi sosial secara langsung dapat menimbulkan konflik dengan orang-orang terdekat. Dampaknya, kita menjadi stres.

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Soto Gratis Warga Isoman