Sukses

Trik Olah Nasi Merah Agar Terasa Enak di Lidah

Pakar kuliner Bondan Winarno mengungkapkannya.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian orang, mengonsumsi nasi merah tidak selezat nasi putih. Rasanya yang cenderung keras dan hambar membuat mereka enggan mengonsumsinya. Padahal, jenis beras ini kaya akan Vitamin B kompleks, antioksidan tinggi, dan kaya serat.

Untuk menyiasati hal tersebut pakar kuliner Bondan Winarno memberikan triknya. Yakni mencampur beras merah dan beras putih dengan perbandingan 2:1. Ini akan membuat nasi yang dihasilkan tidak terlalu keras terutama bagi lidah yang baru mulai mengonsumsinya.

"Tambahkan sedikit air dari biasanya agar lebih lunak," sarannya saat dalam peluncuran Philips Rice Cooker di Jakarta, Rabu (30/9/2015).
Bondan sendiri, kini sudah mengonsumsi nasi merah dan tak ada masalah dengan tekstur nasinya yang sedikit keras.

Lalu, bagi Anda yang mengonsumsi beras hitam, Bondan sarankan untuk menambahkan beras putih saat memasak dengan perbandingan 1:1. "Kalau tidak ditambahkan akan keras sehingga sulit dimakan," tutur pria yang pernah menjadi pembawa acara kuliner di stasiun televisi swasta lokal dan Asia ini.

"Jika masih terasa keras, tambahkan sedikit air. Ini pakai feeling saja. Butuh trial and error untuk bisa mendapatkan seperti yang kita inginkan," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini