Sukses

Masakan Daerah Favorit Bondan Winarno

Semua masakan ia sukai dan tak hindari, namun kini masakan daerah asal Sulawesi yang ia sukai.

Liputan6.com, Jakarta Program televisi yang mengulik dunia kuliner Indonesia membuat Bondan Winarno dikenal luas sebagai pakar kuliner Indonesia. Beragam masakan Nusantara telah ia jajal, lalu masakan dari daerah mana yang jadi favoritnya?

"Saya suka semua masakan, 10 tahun lalu saya suka masakan Padang. Namun memasuki usia 55 tahun mulai memperhatikan kesehatan. Saya menemukan masakan Manado yang paling cocok," tutur Bondan saat diwawancarai Health-Liputan6.com pada Rabu (30/9/2015).

Ada alasan kuat yang menyebabkan Bondan kini menjatuhkan makanan kesukaannya pada masakan Menado yakni,

1. Hampir tidak ada yang bersantan.
2. Sebagian besar berbahan ikan yang dikenal memiliki protein tinggi.
3. Selalu segar. Dimasak sekarang dan langsung dikonsumsi, bukan dimasak kemarin lalu dimasak sekarang.
4. Proses masak cepat. Sebagian besar masakan Manado dimasak cepat, bukan yang berjam-jam. "Kalau masakan dimasak seperti itu artinya sudah dead food, gizinya sudah tidak ada," terang pria kelahiran Surabaya, 29 April 1950 ini.

Ikan woku belanga dan tumis pepaya merupakan dua masakan Manado kesukaannya. Ikan woku belanga yakni masakan berbahan ikan yang dimasak dengan cepat di belanga dengan bumbu woku yang menghasilkan aroma harum sekali.

Namun bukan berarti ia tidak mengonsumsi masakan lain. Masakan Padang tetap ia konsumsi namun jarang. Setiap hari masakan yang ia konsumsi sayur, buah, kacang-kacangan, dan karbohidrat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini