Bacaan untuk Niat Puasa Arafah

Oleh Gabriel Abdi Susanto pada 23 Sep 2015, 06:03 WIB
Diperbarui 23 Sep 2015, 06:03 WIB
Masjid Istiqlal Tidak Membagikan Langsung Daging Kurban
Perbesar
Masjid Istiqlal pada perayaan Idul Adha 1435 Hijriah ini tidak lagi memberikan daging kurban secara langsung pada orang-orang yang berhak menerimanya.

Liputan6.com, Jakarta Idul Kurban, Hari Raya Adha, Hari Raya Haji, atau Hari Raya Besar menurut Kyai Haji Mustofa Bisri adalah hari raya Islam, kembaran Idul Fitri. Ketika Nabi Muhammad SAW datang ke Madinah, di negeri hijrah itu telah ada tradisi semacam perayaan tahunan, satu tahun dua kali, yang disebut Mahrajan.

Oleh Kanjeng Nabi, kata Gus Mus, kedua perayaan itu diusulkan diganti dengan yang lebih baik. Itulah Idul Adha dan Idul Fitri. Jadi, dari sudut perayaannya, kedua hari raya itu memang boleh dikata merupakan semacam "pesta rakyat". Hari gembira umat Islam.

Pada hakikatnya pada hari raya ini, kita diberi kesempatan untuk melakukan puja dan pujia tak lain hanyalah Allah SWT. Pada saat ini kita menyadari diri sebagai manusia yang sedang hijrah atau sedang berpergian. Kita menyadari kembali akan nikmat yang telah diberikan Allah SWT kepada seluruh hambanya.

Berikut bacaan untuk niat puasa arafah :

Niat Puasa Sunah Tanggal 1 – 7 Dzulhijjah
نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِي الْحِجَّةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Latin : “NAWAITU SHAUMA SYAHRI DHILHIJJATI SUNNATAN LILLAAHI TA’AALA”

Artinya : Aku niat puasa sunnah di bulan Dzulhijjah karena Allah Ta’ala

Niat Puasa Tarwiyah Tanggal 8 Dzulhijjah
نَوَيْتُ صَوْمَ التَّرْوِيَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Latin : “NAWAITU SHAUMAT TARWIYATA SUNNATAN LILLAAHI TA’AALA”

Artinya: Aku niat puasa sunnah tarwiyah karena Allah Ta’ala

Niat Puasa Arafah Tanggal 9 Dzulhijjah
نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Latin : “NAWAITU SHAUMA ‘AROFATA SUNNATAN LILLAAHI TA’AALA”

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya