Sukses

3 Jenis Latihan yang Cocok untuk Penderita Nyeri Otot

Faktanya, nyeri merupakan kondisi yang paling banyak dikeluhkan seseorang.

Liputan6.com, Jakarta Setiap manusia tentu pernah mengalami nyeri, baik yang bersifat ringan maupun berat. Faktanya, nyeri merupakan kondisi yang paling banyak dikeluhkan seseorang.

Nah, untuk mengelola nyeri, sebenarnya ada beberapa latihan yang dapat membantu‎ Anda. Seperti disampaikan dokter spesialis Rehabilitasi Medik dari Klinik Nyeri dan Tulang Belakang Jakarta, dr Sri Wahyuni, berikut ulasannya:

1. Taichi

‎Seni bela diri China ini, kata Sri, sangat bermanfaat bagi orang yang kerap mengalami masalah otot.

"Gerakannya yang mengutamakan keseimbangan, stabilitas dan ketepatan melatih kelenturan otot," kata dokter yang akrab disapa Ade ini pada wartawan di sela-sela acara diskusi `Teknologi Terkini Atasi Nyeri` di Buncit Raya, Jakarta, Jumat (11/9/2015).

2. Yoga

‎Sejumlah jurnal medis mencatat, latihan yoga juga baik dalam manajemen nyeri otot. "Latihan ini juga dapat membantu relaksasi dan mempengaruhi pikiran lebih tenang," ujarnya.

‎3. Renang

Cabang olahraga renang, menurut Sri, disarankan untuk hampir semua kasus nyeri otot.

"Berenang itu nggak ada beban, jadi pasien dapat melatih semua ototnya. Selain itu, tumit juga tidak perlu bekerja keras. Latihan ini paling baik dilakukan pada kasus nyeri lutut,pinggang pada orangtua,"pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini