Sukses

Air Kelapa Kemasan Mengandung Gula Pasir yang Cukup Tinggi

Benarkah air kelapa dalam keasan sama sehatnya dengan air kelapa asli?

Liputan6.com, Jakarta Tak cuma di Inggris, minuman usai olahraga (post-workout drink) yang berasal dari air kelapa cukup laku di Indonesia. Minuman dalam kemasan yang dibuat dengan mengekstraksi air kelapa hijau yang masih murni diklaim mengandung kalium dan magnesium yang tinggi. Tak heran jika laku keras.

Ahli makanan dari British Dietetic Association Tanya Thomas menjelaskan, air kelapa murni memiliki kalori yang relatif rendah. Sekitar 20 ccal per 100 mililiter. Selain itu, mengandung gula murni dari alam yang membuat air kelapa memiliki rasa sedikit manis.

"Namun, seporsi minuman ringan dengan ukuran 330 mililiter berisi tiga sendok teh gula pasir. Takaran itu merupakan setengah asupan harian yang direkomendasikan untuk tubuh kita," kata Tanya dikutip dari situs Daily Mail, Rabu (2/9/2015)

Lagi pula, sebuah studi pada 2012 menyimpulkan ada sedikit perbedaan antara air, air kelapa, dan minuman olahraga dalam membantu proses rehidrasi setelah olahraga.

Sebelumnya, seorang rekan Tanya dari BDA Helen Bond mengatakan, air kelapa murni memang dapat menghidrasi tubuh kita setelah latihan, namun air kelapa tidak seperti air putih biasa atau air keran yang nol kalori.

"250 ml air kelapa mengandung 12,5 gram gula yang merupakan setengah gula soda," kata Helen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini