Sukses

Obat-obatan Ini Bikin Gula Darah Turun Naik

Gula darah orang dengan pradiabetes mudah naik jika mereka juga rutin mengonsumsi obat-obatan golongan steroid.

Liputan6.com, Jakarta Gula darah orang dengan pradiabetes mudah naik jika mereka juga rutin mengonsumsi obat-obatan golongan steroid. Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Endokrin dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Tri Juli Edi Tarigan mengatakan, obat-obatan golongan steroid umumnya digunakan oleh mereka yang asma, orang yang punya rematik, lupus, dan penyakit imun lainnya.

“Kalau dia pradiabetes lalu minum obat itu, maka gula darahnya melebihi batas. Di atas 200 atau pas puasa di sekitar 126. Kita menyebutnya dengan diabetes tipe lain,” kata Tri Juli dalam diskusi yang diadakan Roche di Kawasan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Selasa (1/9/2015).

Kalau statusnya pradiabetes lalu mengonsumsi obat-obatan steroid, jelas Tri Juli, mudah mengalami atau mudah jatuh ke diabetes tipe lain. “Kalau orang normal tapi mengonsumsi obat jenis itu dalam jangka pendek, gula darahnya tidak akan melewati batas,” kata Tri Juli menambahkan.

Dokter yang akrab disapa TJ ini menganjurkan, baik orang normal maupun pradiabetes yang mengonsumsi steroid jangka panjang lebih dari seminggu harus memonitor gula darahnya. Terlebih kalau obat steroidnya yang sistemik, oral atau suntikan.

“Kalau inhalasi, efeknya lokal, dan risiko menaikan gula darahnya kecil,” kata TJ.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini