Sukses

7 Makanan yang Ramah bagi Diabetesi

Berikut sayuran dan makanan lain yang dapat dikonsumsi oleh orang dengan diabetes

Liputan6.com, Jakarta Orang dengan diabetes (diabetesi) dianjurkan mengonsumsi sayuran hijau dan rendah indeks glikemik. Bagaimana pun konsumsi makanan sehat dan benar merupakan cara sederhana menurunkan gula darah.

Agar lebih seimbang campurkan buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan susu bebas lemak ke dalam diet harian.  Berikut sayuran dan makanan lain yang dapat dikonsumsi diabetesi seperti dikutip Times of India, Kamis (27/8/2015)

1. Kacang

Kacang adalah sumber makanan yang ramah untuk diabetesi. Kacang rendah kalori dan merupakan sumber protein yang tinggi serat, kalium, dan magnesium.

2. Susu bebas lemak

Pengidap diabetes dianjurkan mengonsumsi susu bebas lemak. Susu adalah sumber vitamin D dan makanan terbaik untuk memperkuat tulang dan gigi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Biji-bijian

3. Biji-bijian

Biji-bijian seperti gandum dan barley merupakan sumber serat terbaik. Biji-bijian juga mengandung Omega-3, folat, magnesium, kalium, dan kronium.

4. Tomat

Tomat merupakan sumber zat besi terbaik. Plus sumber vitamin C, E, dan K. Makanlah tomat segar yang tidak berasal dari kalengan.

3 dari 3 halaman

Sayuran berdaun gelap

5. Sayuran berdaun gelap

Ini merupakan langkah yang bagus untuk mengurangi produksi insulin. Sayuran berdaun gelap juga rendah kalori, tinggi serat, dan kaya kalium. Sayuran berdaun gelap juga merupakan sumber zat besi terbaik.

6. Paprika

Paprika atau capsicum yang tersedia dalam banyak warna mengandung vitamin A dan C, kalium, fosfor, kalsium, dan serat.

7. Jamur

Jamur tidak mengandung gula dan sumber yang baik untuk vitamin D. Jamur juga bebas lemak, cocok untuk menurunkan kolesterol. 

 

Baca juga:

6 Kebiasaan yang Rentan Datangkan Penyakit Diabetes 

Animasi Manis, Edukasi Diabetes Lewat Kartun 

17 Mitos dan Fakta Seputar Diabetes

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini