Sukses

Ibu Bekerja Cenderung Pandai Mendidik Anak Menjadi Mandiri

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan Harvard Business School, ibu bekerja ternyata lebih baik dalam mendidik anak

Liputan6.com, Jakarta Karena alasan tuntutan hidup atau ingin meniti karir dan aktualisasi diri, seorang wanita memilih untuk bekerja. Saat bekerja ini, terkadang mereka yang sudah menjadi ibu ada rasa kehilangan karena harus jauh dari anak-anaknya. Namun, bagi Anda yang telah menjadi orang tua dan memiliki anak jangan terlalu bersedih karena ada hikmah dibalik pilihan Anda.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan Harvard Business School, ibu bekerja ternyata lebih baik dalam mendidik anak-anaknya, khususnya anak
perempuan.

Harvard menganalisis data dari International Social Survey Programme di 24 negara antara tahun 2002 dan 2012. Dalam makalah dikatakan, 4,5
persen ibu bekerja bakal memiliki anak perempuan yang lebih pintar.  Juga, 33 persen ibu memiliki anak perempuan yang dapat diandalkan alias
mandiri.

"Kami mengira penelitian ini dapat mempengaruhi kinerja ibu. Tapi hasilnya justru begitu menenangkan orangtua," kata Profesor Kathleen McGinn, seperti dikutip dari Yourtango.

McGinn juga mengatakan, anak-anak dari ibu bekerja cenderung menghabiskan lebih banyak waktu untuk merawat anggota keluarga lain dan melakukan tugas-tugas rumah tangga lebih baik ketimbang mereka yang memiliki ibu yang tidak bekerja.

"Terlepas dari rasa bersalah itu, Anda ternyata bisa membesarkan anak-anak dengan sangat baik, dan mereka tidak akan seperti ini jika bukan karena Anda," tukas McGinn.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini