Sukses

Temulawak Indonesia Lebih Bagus Dibanding Negara Lain

Meski temulawak (Curcuma xanthorrhiza) banyak ditemukan di luar negeri, namun kualitas tumbuhan obat ini lebih baik ditanam di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Meski temulawak (Curcuma xanthorrhiza) banyak ditemukan di luar negeri, namun kualitas tumbuhan obat ini ternyata lebih baik ditanam di Indonesia.

Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional Indah Yuning Prapti mengatakan, kandungan cucurminoid dan xanthorrhizol oil pada temulawak yang ditanam di Tanah Air memiliki keunggulan bagi kesehatan.

"Tuhan begitu arif, dia menciptakan segalanya pada tempatnya. Seperti jenis rimpang, ternyata paling baik dihasilkan negara ini," katanya di sela-sela acara peresmian di Soho Centre of Excellence in Herbal Research (SCHER) Sukabumi, Jawa Barat.

Temulawak memang dipercaya dapat memelihara fungsi hati, antioksidan, memperbaiki fungsi pencernaan, menurunkan lemak darah, menigkatkan nafsu makan, anti inflamasi, anemia, pencegah kanker, dan antimikroba.

"Temulawak kualitas terbaik dihasilkan di Jawa Tengah seperti Semarang, dan Jawa Barat seperti Sukabumi," pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini