Orang yang Suka Begadang Lebih Cerdas

Oleh Liputan6 pada 22 Jul 2015, 19:00 WIB
Diperbarui 22 Jul 2015, 19:00 WIB
Makin Banyak Tidur Malam Hari Makin Lelah
Perbesar
Pernah merasa telah tidur cukup di malam hari tapi keesokan harinya merasa lelah? Bila Anda merasakannya, Anda tidak sendirian

Liputan6.com, Jakarta Berbahagialah Anda yang senang begadang atau tidur tengah malam. Selama ini sejumlah penelitian mengungkapkan efek buruk begadang. Namun, penelitian terbaru menyatakan orang-orang yang tidurnya larut malam lebih cerdas.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan psikolog evolusioner Satoshi Kanazawa dan Kaja Perina, pemimpin redaksi Psychology Today, mereka telah menemukan ritme sirkadian, atau jam biologis, bisa dipengaruhi status IQ seseorang. Dan orang-orang dengan IQ tinggi cenderung lebih nokturnal (aktif di malam hari).

Untuk membuktikannya, seperti dikutip TheDebrief, Rabu (22/7/2015), peneliti mengikuti kebiasaan tidur lebih dari 20.000 remaja dari 1994 sampai mereka berusia antara 18 dan 28 tahun. Para responden dibagi dalam kelompok-kelompok IQ: Sangat bodoh (IQ <75), bodoh (75 <IQ <90), Normal (90 <IQ <110), Cerdas (110 <IQ <125) dan sangat cerdas (IQ> 125) .

Hasilnya, orang yang sangat bodoh rata-rata tidur pukul 23.41, sedangkan orang-orang yang sangat cerdas tidur hampir satu jam kemudian di malam hari. Dan pada akhir pekan, semua orang tidur sekitar satu jam kemudian dibanding biasanya, tapi orang-orang yang sangat cerdas lebih dari satu jam setelah orang yang sangat bodoh.

Pada penelitian ini juga ditemukan, orang yang bekerja lebih lama umumnya tidur lebih awal dan bangun lebih awal pada hari kerja, begitu pula dengan siswa yang tidur lebih malam akan bangun lebih awal. (Melly F) 

 

Baca juga 

Waspada, Begadang Bisa Sebabkan Stroke

Kecerdasan Anak Bisa Diketahui dari Tinja Pertama

Anak yang Gemar Bohong Sebenarnya Cerdas? 

Sering Main di Taman Bikin Anak Makin Cerdas 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya