Sukses

Usai Makan Berlebih, Tak Perlu Merasa Bersalah

Lebih baik jujur mengakui kalau memang makan banyak.

Liputan6.com, New York- Setelah melewati perayaan Lebaran yang penuh dengan aneka makanan enak, banyak orang merasa 'kok makannya kemarin banyak ya'. Bagi perempuan, terkadang hal ini bisa menimbulkan perasaan lebih gemuk hingga bersalah terhadap diri sendiri. Namun para psikolog klinis menyatakan tak perlu merasa seperti itu.

"Hal pertama yang saya katakan kepada orang-orang jangan membuat diri sendiri sebagai musuh. Tak perlu terlalu keras mengkritik diri sendiri," terang psikolog klinis dari American Psychological Association, Nancy Molitor, PhD.

Tak perlu marah terhadap diri sendiri. Nancy menyarankan agar Anda mengakui secara jujur bahwa beberapa hari ini makan berlebih seperti dikutip Prevention (Minggu, 19/7/2015). Lebih baik bawa hawa positif mulai hari ini untuk kembali mengonsumsi sehat dan secukupnya

Seperti memulai hari dengan sarapan sehat, konsumsi makanan tinggi serat dan protein di siang hari, konsumsi air lebih banyak untuk menjaga nafsu makan, dan beraktivitas fisik seperti berjalan kaki atau membersihkan rumah.

 

Baca Juga:

Waspadai 2 Penyakit yang Mengintai Usai Lebaran

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.