Lakukan Ini Usai Makan Berlebih Saat Lebaran

Oleh Benedikta Desideria pada 18 Jul 2015, 10:00 WIB
Diperbarui 18 Jul 2015, 10:00 WIB
Lakukan 15 Hal Ini untuk Menyambut Usia 30an yang Lebih Baik
Perbesar
Minum air putih yang banyak

Liputan6.com, New York- Lebaran tanpa makan-makan? Rasanya tidak mungkin ya. Aneka makanan lezat seperti opor ayam, rendang, sambel kentang yang dihidangkan saat berkumpul bersama keluarga tak mungkin untuk ditolak. Tak heran jika asupan makanan yang dikonsumsi lebih dari biasanya.

 

Intip kepribadianmu lewat kuliner yang selalu tersaji saat Idul Fitri.

 

Tapi tak perlu panik dengan berat badan. Nikmati hari-hari makan berlebih karena bagian dari kehidupan yang menyenangkan. Karena mengonsumsi makan berlebih satu atau dua hari tidak langsung membuat Anda kegemukan esok harinya.

"Makan berlebihan satu hari mungkin berdampak untuk menurunkan berat badan, tapi bukan berarti membuat berat badan naik," terang ahli nutrisi dan penulis buku The Small Change Diet, Keri Gans.

Agar berat badan tak bertambah usai hari-hari makan berlebih pastikan esok hari Anda memulai gaya hidup kembali ke jalur yang tepat. Seperti apa itu?

 

 

2 dari 3 halaman

6 Langkah

Berikut enam langkah yang perlu dilakukan usai makan berlebih saat Lebaran seperti diungkap Women's Health, Minggu (19/7/2015).

1. Sarapan itu penting
Meski masih libur dan kecenderungan bangun lebih siang, jangan lupakan sarapan. Selain untuk memasukkan energi ke dalam tubuh, tapi juga membantu melancarkan metabolisme harian.

2. Minum banyak air putih lebih dari biasanya
Minum air putih setelah melewati hari-hari dengan makan berlebih sangat penting. Minum sekitar dua hingga tiga liter air per hari seperti diungkapkan direktur grup fitnes Canyon Ranch, Aimee Nicotera.
Minum air putih yang terlalu banyak dapat membuat Anda merasa lebih kenyang. Sehingga Anda tidak tergoda untuk makan berlebih.

3. Jangan lupa sayur di menu makanan
Meski masih banyak daging dan lauk pauk khas Lebaran, pastikan ada sayuran juga ya. Kandungan air dan serat dalam sayuran membuat Anda kenyang lebih lama.

 

 

3 dari 3 halaman

Mengemil di sore hari

4. Makan camilan sore
Pada pukul 15-16 konsumsi camilan sore, misalnya buah maupun kacang almond. Tenang ini tak akan menambah berat badan kok, malah untuk menjaga metabolisme tidak melorot usai hari-hari sebelumnya makan berlebih.

5. Makan malam di rumah
Saat makan malam, buatlah menu makanan Anda sendiri. Sehingga Anda bisa menjaga kualitas, kebersihan, dan nutrisi di dalamnya.

6. Aktif bergerak
Beberapa hari usai Lebaran biasanya ajang kumpul keluarga terus lanjut. Tak perlu ke gym untuk berolahraga, mengajak keponakan yang masih kecil bermain sudah setara dengan berolahraga. Gerakan megnangkat dan mengayunkan keponakan itu sama saja dengan mengangkat beban di tempat fitnes.

 

Baca Juga:

8 Tips Sehat agar Terhindar dari Penyakit Setelah Lebaran

Lanjutkan Membaca ↓