Sukses

Ortu Takut Sinar Matahari, Si Anak Bisa Kekurangan Vitamin D

Selain dari makanan, tubuh membutuhkan Vitamin D dari sinar matahari.

Liputan6.com, London - Gara-gara pasangan asal Inggris, Fiona dan Mark, takut sinar matahari, anak mereka Hattie Benton mengalami permasalahan kesehatan pada tubuhnya. Siapa sangka, karena tubuhnya jarang terpapar sinar matahari saat usia Hattie delapan tahun ia merasa gatal-gatal, nyeri, dan mudah lelah.

Rasa nyeri yang dirasakan Hattie sampai-sampai membuatnya enggan untuk duduk di lantai karena terasa menyaktitkan. Usai pulang sekolah pun dia akan langsung tidur karena sangat lelah, padahal sebelumnya Hattie termasuk anak enerjik.

Setelah bergonta-ganti dokter dan tidak mendapatkan perubahan, orangtua ini menyewa fisioterapis anak. Fisioterapis ini meminta pasangan ini untuk mengecek darah Hattie.Hasilnya mengejutkan. Ternyata keluhan yang dirasakan Hattie karena di dalam tubuhnya kekurangan Vitamin D.

"Ternyata kandungan Vitamin D dalam tubuhnya di bawah tingkat minimun, bahka sampai tidak bisa mengukurnya," terang Fiona dikutip Daily Mail, Jumat (17/7/2015).

Dan ternyata, kasus seperti Hattie jumlahnya meningkat di Inggris. Diyakini gaya hidup yang membuat anak-anak terlalu banyak bermain dalam ruang serta kecenderungan orang tua menutupi tubuh anak dengan tabir surya untuk cegah kanker kulit jadi penyebabnya.

Menanggapi hal ini, salah seorang anggota British Dietetic Association, Aisling Piggot, mengatakan memang Vitamin D bisa didapatkan dari minyak dan ikan, namun sinar matahi merupakan sumber alami bagi manusia.

Untungnya, kini Hattie sudah menjalani berbagai perawatan seperti mengonsumsi tablet Vitamin D dosis tinggi untuk memulihkan tubuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.