Lebih dari 68 Menit per Hari Gunakan Ponsel itu Tanda Depresi

Oleh Benedikta Desideria pada 19 Jul 2015, 09:00 WIB
Diperbarui 19 Jul 2015, 09:00 WIB
4 Cara Ampuh Agar Anda Tidak Kecanduan Smartphone 2
Perbesar
4 Cara Ampuh Agar Anda Tidak Kecanduan Smartphone

Liputan6.com, London - Durasi dan lokasi penggunaan ponsel pintar alias smartphone setiap harinya bisa mengindikasikan ada tidaknya depresi pada seseorang. Jika Anda menggunakan smartphone lebiih dari 68 menit per hari bisa jadi Anda depresi.

Orang yang lebih banyak menghabiskan waktu dengan ponsel pintarnya semakin mengindikasikan mereka depresi. Apalagi jika penggunaannya sebagian besar dilakukan di rumah.

Rata-rata orang depresi menggunakan ponsel selama 68 menit, sedangkan orang bahagia hanya sekitar 17 menit. Menurut tim peneliti, akurasi dalam mengidentifikasi gejala depresi dengan ponsel pintar capai 87 persen.

"Data menunjukkan ketika orang depresi cenderung tidak pergi ke banyak tempat. Mereka memilih menarik diri dan tidak memiliki motivasi untuk pergi keluar melakukan berbagai hal," terang peneliti utama dari Northwestern University Feinberg School of Medicine, Professor David Mohr.

Mohr berpendapat orang yang terlalu lama dengan smartphone untuk internetan, bermain game, dan cenderung tidak berbicara dengan teman-temannya.

"Orang-orang seperti ini cendurung asik dengan ponsel mereka untuk menghindari hal-hal yang mengganggu, perasaan menyakitkan," terangnya dikutip Daily Mail (Kamis, (16/7/2015).

Ia berharap dengan temuan ini semoga penggunaan smartphone di masa mendatang dapat digunakan untuk memantau orang berisiko depresi. Sehingga tenaga kesehatan dapat memberikan bantuan lebih cepat untuk mengatasi masalah kejiwaan ini seperti dikatakan Mohr dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of Medical Internet Research.

 

Baca Juga:

5 Kebiasaan Pemicu Depresi, Hindarilah

Kurang Vitamin Ini Para Wanita Bakal Rentan Depresi

 

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Soto Gratis Warga Isoman