Sukses

Perhatikan Cara Pakai Tas Selempang agar Pundak Tak Sakit

Lakukan empat hal penting berikut demi mengurangi keluhan rasa sakit dan nyeri usai memakai tas tangan dan selempang.

Liputan6.com, New York- Saat jalan-jalan seperti libur Lebaran 2015 ini, menggunakan tas selempang maupun tangan memang ringkas. Namun, tak jarang muncul keluhan rasa sakit dan nyeri usai memakai tas selempang maupun tas tangan. Bisa jadi hal tersebut disebabkan karena ukuran dan berat tas yang digunakan tapi juga peletakannya.

Untuk mencegah rasa sakit, nyeri, dan tak nyaman saat maupun usai pakai tas yang membebankan berat di satu sisi ini lakukan empat hal berikut seperti dilansir laman Prevention (Kamis, 16/7/2015).

1. Tas sering dipindah
Jangan membiasakan menggunakan di satu sisi saja. Misalnya tadi sudah dipakai dengan membebankan berat di pundak kanan, setelah beberapa waktu gantilah di sisi sebelahnya.

"Membawa tas di sisi yang sama sepanjang waktu memperberat beban otot yang terkena lalu dapat membuat postur tubuh rusak secara permanen. Untuk mencegah hal ini, beralih ke sisi sebelah setiap beberapa menit," terang chiropractor dari Wisconsin, Amerika Serikat, Scott Bautch.

2. Hindari membawa beban berlebihan di lengan

Pernah memakai atau melihat seseorang menggunakan tas yang diletakkan sambil menekuk tangan? Jika iya, hindari menggunakan tas tangan seperti ini. Lebih baik taruh tas di bahu, bukan di lekukan tangan. Dengan cara ini menghindari cedera siku seperti tendinitis. Jika berat beban dibawa, bagi dalam dua tas kecil.

 

 

Foto: Prevention

3. Postur tegak
"Kencangkan bagian perut saat menggunakan tas tangan, hal ini membuat berat badan terpusat di atas kaki, bukan di salah satu sisi tas," terang ahli bedah ortopedi, Vonda Wright.

4. Letakkan tas selempang ke arah depan

Dibanding memberi beban di salah satu sisi pundak saja, lebih baik bagi beban ke area tubuh lain dengan membawa tas ke tengah.
"Dengan membawa tas selempang ke arah tengah bisa meminimalkan ayunan. Hal ini membaut tulang punggung bawah tak terlalu lelah," terang ahli perawatan tulang belakang asal New York, Matthew Cunningham.

Foto: Prevention

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini