5 Pose Yoga yang Mirip Gerakan Salat

Oleh Benedikta Desideria pada 13 Jul 2015, 12:00 WIB
Diperbarui 13 Jul 2015, 12:00 WIB
Arah Kiblat Bergeser? Kamu Boleh Sholat Nggak Menghadap Kiblat
Perbesar
Maraknya pembicaan tentang kiblat bergeser, ternyata kamu bisa shalat nggak menghadap kiblat.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang melakukan yoga, pernahkah menyadari ada beberapa gerakan salat yang sangat mirip dengan gerakan olahraga tersebut? Terdapat beberapa posisi tertentu dari salat lima waktu yang mirip dengan gerakan yoga.

Kemiripan antara pose yoga dengan gerakan salat salah satunya disadari arsitek dari New York, Jasmine Ibrahim-Issa. "Suatu kali saat sedang sujud, tiba-tiba saya terganggu dan bertanya-tanya mengaitkan antara gerakan salat ini dengan pose yoga. Yaa... Gerakan Sujud mirip dengan pose Balasana," terang Ibrahim-Issa dikutip dari laman mvslim.com, Senin (13/7/2015).

Tentu tidak semua posisi yoga bisa ditemukan dalam salat Islam. Para peneliti dari Spaulding Rehabilitation Center in Massachusetts, menemukan sekitar lima hingga tujuh posisi yoga untuk pemula yang mirip dengan gerakan salat seperti dilansir onislam.net.

Berikut beberapa pose yoga yang mirip dengan posisi salat seperti diungkapkan Jasmine Ibrahim-Issa dan Masters in Herbal Healing, Karima Burns dan

1. Qiyam

Qiyam dan Namaste (Foto: mvslim.com)

 


Gerakan salat yang menempatkan tangan di dada dengan kaki menapak lantai atau Qiyam mirip dengan Namaste seperti diungkapkan Jasmine. Gerakan ini memudahkan sistem saraf dan keseimbangan tubuh. Selain itu, saat yoga gerakan ini dianggap sebagai gerakan yang mengisi energi positif.

 

 

2 dari 5 halaman

Ruku

2. Ruku

Ruku dan Ardha Uttanasana (Foto: mvslim.com)


Gerakan Ruku hampir mirip dengan Ardha Uttanasana sama-sama meregangkan otot di punggung bagian bawah, tubuh bagian depan, paha dan betis. Posisi ini melatih otot-otot perut. Lalu, posisi ini mampu memomppa darah ke tubuh bagian atas seperti kepala, mata, telinga, hidung, otak, dan paru-paru.

 

 

3 dari 5 halaman

Julus

3. Julus

Julus dan Vajrasana (Thunderbolt Pose) (Foto: mvslim.com)


Gerakan Julus mirip dengan Thunderbolt Pose atau Vajrasana yang melatih jari kaki, lutut, paha, dan kaki. Gerakan ini baik bagi mereka yang tidur berlebihan atau yang ingin terjaga dalam waktu lama.

Selain itu posisi ini mampu melancarkan pencernaan, membantu detoksifikasi pada hati, serta menstimulus gerakan peristaltik pada usus besar.

 

 

4 dari 5 halaman

Sujud

4. Sujud

Sujud dan Balasana (Foto: mvslim.com)


Gerakan Sujud mirip dengan pose Balasana. Sujud merupakan gerakan paling penting saat salat. Posisi ini mampu merangsang korteks otak. Lalu, posisi hati yang lebih tinggi dari otak dapat meningkatkan aliran darah ke daerah tubuh bagian atas, terutama kepala dan paru-paru. Hal ini mampu membersihkan racun di bagian tubuh atas.

Lalu, gerakan ini juga bisa mengurangi tekanan darah tinggi, meningkatkan elastisitas sendi, meredakan stres, cemas, pusing dan lelah. Saat sujud tubuh menekuk yang mengaktifkan cakra dasar. Hal ini berfungsi untuk mengontrol naluri, membantu berkepala dingin dan berpikir positif.

 

 

5 dari 5 halaman

Zikir dan Meditasi

 

5. Zikir dan Meditasi

Zikir dan Meditasi (Foto: Mvslim.com)


Penggiat yoga diminta untuk menenangkan diri untuk membantu bermeditasi. Dengan suara lembut, para instruktor menjelaskan bagaimana cara bernapas, membayangkan sesuatu, dan merasakan sesuatu. Banyak orang merasakan meditasi merupakan cara untuk mendapatkan kedamaian.

Pada saat salat juga ada zikir. Hal ini tidak hanya berdampak pada ketenangan batin si pelaku salat tapi juga membantu membimbing hidup dalam kedamaian.

 

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by