Konsumsi Vitamin Ini Bikin Panjang Umur

Oleh Benedikta Desideria pada 13 Jul 2015, 10:00 WIB
Buah Dan Sayur

Liputan6.com, Kopenhagen Sebagian besar dari kita pastinya ingin panjang umur dengan kondisi sehat. Sebuah studi terbaru menemukan fakta kandungan Vitamin C yang berasal dari buah dan sayuran dengan kadar tinggi dalam darah terkait dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular dan kematian dini.

"Mengonsumsi buah dan sayur itu sehat karena karena dapat meningkatkan kadar Vitamin C. Dampak jangka panjangnya berkontribusi mengurangi risiko kardiovaskular dan kematian dini," terang peneliti dari Fakultas Kesehatan dan Ilmu Kedokteran University of Copenhagen, Borge Nordestgaard.

Mereka yang mengonsumsi buah dan sayuran memiliki risiko 15 persen lebih rendah terkena penyakit jantung dan 20 persen lebih sedikit berisiko meninggal cepat dibandingkan yang jarang makan sayur dan buah seperti hasil penelitian mahasiswa PhD dari Departemen Biokimia Klinis Herlev and Gentofte Hospital, Denmark, Camilla Kobyleck.

Vitamin C ternyata membantu membangun jaringan ikat yang mendukung dan menghubungkan berbagai jenis jaringan dan organ dalam tubuh. Vitamin C juga merupakan antioksidan kuat yang melindungi sel-sel dan molekul biologis yang menyebabkan banyak penyakit, termasuk jantung seperti yang diungkap penelitian dari University of Copenhagen ini.

Selain itu, orang yang sudah rajin mengonsumsi buah dan sayur lama-kelamaan akan mengembangkan gaya hidup sehat yang berdampak pada kesehatan secara umum seperti dilansir laman Futurity, Senin (13/7/2015).